Pendampingan mahasiswa kampus mengajar angkatan 7 di SDK Bejo dan Ngorabolo: dampak literasi dan numerasi

Authors

  • Konstantinus Dua STKIP Citra Bakti
  • Yasinta Maria Fono Prodi PG-PAUD, STKIP Citra Bakti
  • Viktoria Dhiu STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.38048/jckkn.v2i3.4413

Keywords:

Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi, Teknologi

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik di seluruh Indonesia, terutama di daerah tertinggal. Salah satu program MBKM adalah Kampus Mengajar Angkatan ke-7 yang dilaksanakan dari Maret hingga Juni 2024 di SDK Bejo dan SDK Ngorabolo. Program ini melibatkan 10 mahasiswa dari dua perguruan tinggi berbeda, dibimbing oleh seorang dosen pembimbing lapangan (DPL). Sebelum pelaksanaan, mahasiswa menerima pembekalan secara online dari Kemendikbudristekdikti yang mencakup pedagogi, strategi pembelajaran daring dan luring, serta penerapan asesmen. Metode pelaksanaan program meliputi pengajaran langsung, bimbingan belajar, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Selain itu, program ini juga membantu guru dan sekolah dalam adaptasi teknologi untuk pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

References

Arisnaini, A. (2022). Kebersihan Kelas Dan Pengaruhnya Terhadap Fokus Belajar Siswa Pada MIN 7 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 10(11), 1107-1114.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Lestariani, N. (2023). Analisis Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Melalui Peningkatan Otonomi Belajar dan Literasi Informasi Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 218-238.

Nakuloadi, H., Aribowo, F., Setyawan, E., Sutrisna, E., & Cahyaningrum, T. (2024). Kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah di sekolah dasar. Abdimas Ekonomika, 2(1), 37-46.

Rochana, R., Darajatun, R. M., & Ramdhany, M. A. (2021). Pengaruh implementasi kebijakan kampus merdeka terhadap minat dan keterlibatan mahasiswa. Journal of Business Management Education (JBME), 6(3), 11-21.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi civitas akademik dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902-915.

Trismawati, T., Astuti, A. P., Bahri, M. S., Basit, A., Indrati, W., Putri, F. R., Novitasari, R., Mustafafi, W. Z., & Safira, M. (2022). Adaptasi teknologi informasi pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas keberhasilan pembelajaran daring di sdn sumber wetan 1 probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 3(1), 46-50.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Dua, K., Fono, Y. M., & Dhiu, V. (2024). Pendampingan mahasiswa kampus mengajar angkatan 7 di SDK Bejo dan Ngorabolo: dampak literasi dan numerasi. Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata, 2(3), 219–224. https://doi.org/10.38048/jckkn.v2i3.4413

Most read articles by the same author(s)