PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI WIDE GAME DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI BUKIT WOLOSASA

Authors

  • Yasinta Maria Fono STKIP Citra Bakti
  • Martha Malo STKIP Citra Bakti
  • Maria A. K. Bhara STKIP Citra Bakti
  • Valensia Ota Beru STKIP Citra Bakti
  • Maria Platonia Dongi STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.38048/jckkn.v1i3.2965

Keywords:

Karakter, Kegiatan Pramuka, Wide Game

Abstract

Kegiatan pendampingan pramuka oleh dosen dan mahasiswa semester V di Bukit Wolosasa terdiri dari berbagai kegiatan yang merupakan  implementasi langsung dari matakuliah Pramuka. Kegiatan pramuka yang dilakukan berupa penjelajahan di bukit Wolosasa. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa, melatih mahasiswa untuk menerapkan secara konkrit teori tentang wide game yang telah dipelajari mahasiswa di tengah masyarakat, menjadikan mahasiswa lebih bertanggung jawab, berani menanggung resiko serta belajar membangun kerja  sama dalam tim yang solid. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pendampingan mahasiswa dalam kegiatan wide game. Metode pelaksanaan melalui demonstrasi langsung di mana  tim abdimas menunjukkan secara langsung cara bermain wide game yang telah disusun. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan wide game sebanyak 70 orang yang dibagi dalam 10 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 8, 9 hingga 10 peserta. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pengalaman dan menambah pengetahuan mahasiswa terkait dengan wide game

References

Damanik, Ambri,Saipul. 2014. Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keohlaraan, Vol. 13 (2) –Desember 2014 : 16-21

Darmawan, I. P. A. (2020). Peningkatan Mutu Implementasi Dasa Dharma Pramuka Melalui Cerita Itihasa. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2).

Dharmayana, I. W. B., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Peran Pendidikan Pramuka Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Anak. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(01), 56-70.

Isnianto, I. (2013). Pola Dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penggalang Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Siswa (Studi Deskriptif Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Kelas VII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Keputusan Presiden No. 238 Tahun 1961

Kusumawati, I. (2012). Pembentukan karakter siswa melalui pendidikan kepramukaan. Academy of Education Journal, 3(1).

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952-959..vol.6 issue.2 page

Peraturan Pemerintah nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

Suharni, S. (2021). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Wide Game pada Peserta Didik Kelas VIID SMP Negeri 13 Tegal. Jurnal Paedagogy, 8(1), 87-92.

UU NO. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Wide Game sebaga Media Pendidikan Kepramukaan. 2013. Ensiklopedia Pramuka http://www.ensiklopediapramuka.com/2013/06/wide-game-sebaga-media-pendidikan.html akses January 18, 2023

Suryani, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2), 141-150.

Nurhidayati, N., & Indrawadi, J. (2020). Pembinaan Sikap Peduli Sosial Siswa Melalui Kegiatan Pramuka Di SMP Negeri 10 Padang. Journal of Civic Education, 3(1), 52-60.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Fono, Y. M., Malo, M. ., Bhara, M. A. K. ., Beru, V. O., & Dongi, M. P. . (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI WIDE GAME DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI BUKIT WOLOSASA. Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata, 1(3), 97–104. https://doi.org/10.38048/jckkn.v1i3.2965

Most read articles by the same author(s)