Pendampingan festival literasi numerasi untuk meningkatkan kemampuan siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.38048/jckkn.v3i2.3380Keywords:
Festival, Literasi, Numerasi, Penguatan Pendidikan, Sekolah DasarAbstract
Latar belakang dalam pendampingan ini yaitu mengadakan kegiatan atau event yang dapat meningkatkan perhatian peserta didik untuk mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi yang mereka miliki. Tujuan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan perhatian peserta didik dalam mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi di SD Inpres Dhereisa, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo. Sasaran dalam kegiatan pendampingan ini yaitu semua siswa SD Inpres Dhereisa. Metode pendampingan yang dilakukan yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan festival literasi dan numerasi. Hasil pendampingan kegiatan festival literasi dan numerasi yaitu festival literasi dan numerasi mampu memotivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi yang dimiliki. Dalam hal literasi dapat meningkatkan minat baca siswa, menulis, dan memahami bacaan. Sedangkan untuk numerasi siswa dapat mengenal angka dan mengasah kemampuan berhitung. Dari hasil pelaksanaan dan pendampingan kegiatan festival literasi numerasi pada beberapa mata lomba menjadi kegiatan yang penting dilaksanakan dalam memotivasi siswa dan memberikan peluang bagi siswa untuk berkreativitas pada kegiatan literasi dan numerasi. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat menjadi praktik baik yang dapat direplikasi di sekolah lain dalam rangka mendukung gerakan literasi nasional.
References
Abidin, Y. N. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Aflah, A. N., Ananda, R., Surya, Y. F., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model project based learning pada siswa sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 57–69. https://doi.org/10.36379/Autentik.V7i1.276
Asdiniah, E. N. A., & Dewi, A. D. (2021). Urgensi merdeka belajar: Tanggapan mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 25–34.
Baihaqi, R. A. (2021). Pengaruh implementasi asesmen projek terhadap karakter dan literasi sains siswa kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 96–102. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.412
Cahyani, V. R., Khakim, M. N. L., Zidah, A. A., & Ibrahim, A. M. M. (2023). Implementasi media pembelajaran sejarah. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(1), 30–37. https://doi.org/10.24114/ph.v8i2.49391
Fadilah, M., Permanasari, A., Riandi, R., & Maryani, E. (2020). Analisis karakteristik literasi sains konteks bencana gempa bumi mahasiswa pendidikan IPA pada domain pengetahuan prosedural dan epistemik. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(1), 103–119. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.16651
Fauza, et al. (2017). Aplikasi cerdas cermat online realtime untuk sekolah dasar. Jurnal Informatika, 14(1), 22–27.
Fitria, D. A. (2010). Pembaca Cepat Super Cepat. Jakarta: Trans Mandiri Pustaka.
Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI), 3, 35–38.
Musfiroh, T. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.
Ramadhanti, D. (2016). Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.
Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan program kampus mengajar perintis pada sekolah dasar terdampak pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.852
Setyaningtyas, R. F., Sarwanto, S., & Prayitno, B. A. (2018). Pengembangan modul IPA berbasis guided discovery untuk meningkatkan literasi sains. FKIP E-Proceeding, 3(1), 328–334.
Silberman, M. L. (2016). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka terhadap perubahan paradigma pembelajaran pada pendidikan tinggi: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi, 2(2), 30–38.
Suwandi, S. (2020). Pengembangan kurikulum program studi pendidikan bahasa (dan sastra) Indonesia yang responsif terhadap kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka dan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956
Syofyan, H., & Amir, T. L. (2019). Penerapan literasi sains dalam pembelajaran IPA untuk calon guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35–43. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13203
Tias, N. I. C., Indriyani, S., Rahmawati, D., Yasin, B., Rizal, F., Damayanti, A., & Suranto. (2022). Eksistensi mahasiswa dalam peningkatan akademik melalui program kampus mengajar di SDN 04 Purwosari Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Surya Masyarakat, 4(2), 208–218. https://doi.org/10.26714/jsm.4.2.2022.208-218
Tong, J., & Tobe, A. A. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SD Muhammadiyah 2 Kupang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 263–269. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.662
Widharyanto, B., Prijowuntato, S., & Widanarto, S. (2021). Menilai Peserta Didik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

