PENGEMBANGAN MEDIA STRIP COMIC BERBASIS ANDROID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.664Keywords:
pengembangan media, media strip comic, keterampilan membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Media strip comic berbasis android dalam meningkatkan keterampilan membaca. (2) Mengetahui getahui validitas media Strip Comic berbasis Android dalam membaca. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan ADDIE. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) prosedur pengembangan media komik digital dengan model ADDIE meliputi lima tahapan: (a) tahap analyze, (b) tahap design, (c) tahap develop, (d) tahap implementation, dan evaluation. (2) Media komik digital valid dengan: (a) hasil review ahli materi menunjukkan media media strip comic berbasis android berpredikat sangat baik (98%), (b) hasil review ahli media Strip Comic berbasis android menunjukkan produk berpredikat sangat baik (94%), (c) hasil review ahli perorangan menunjukkan media Strip Comic berbasis android berpredikat sangat baik (98%), (d) hasil uji kelompok kecil menunjukkan media Strip Comic berbasis android berpredikat sangat baik (94%). Ini berarti bahwa media Media strip comic berbasis android layak digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa SD.
References
Angko, N, dan Mustaji, N. (2013). Pengembangan bahan ajar dengan model addie untuk mata pelajaran matematika kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-15. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15
Anita, L. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktif. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyhar, R. (2011), Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, GP. Press, Jakarta.
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daulay, M. I. (2021). Pengembangan media komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24-34. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452
Dewi, E. C. (2016). Pengembangan Komik Akuntansi Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi dipublikasi.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084
Firman. (2013). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self efficacy siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.24036/02013221399-0-00
Fuady, M. J. (2017). Pengembangan aplikasi evaluasi pembelajaran online untuk pendidikan jarak jauh. Tekno, 26(2), 148—154. http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/8281
Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.
Haya, F. D., Waskito, S., & Fauzi, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran gasik (game fisika asik) untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 11—14. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/3729
Hidayah, N. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34—46. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada. Kerlinger, F. N. (1990). Asas-asas penelitian behavioral. Yogyakarta: University Press.
Jafar, A. F. (2021). Pengembangan komik elektronik (e-comic) usaha dan pesawat sederhana kelas VIII MTS Negeri 6 Bulukumba. Al-khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 1-18. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20839
Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan media pembelajaran e-comic berbasis problem-based learning materi siklus air pada muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 56-64. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911
Latif, M. A., Ainy, C., & Hidayatullah, A. (2019). Pengembangan bahan ajar berbentuk komik matematika berbasis android dengan pendekatan RME. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(1), 44-52. http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v6i1.2969
Lelyani, A. A., & Erman, E. (2021). Kajian unsur–unsur komik dan sains dalam buku komik edukasi di Indonesia sebagai alternatif bahan ajar. Pensa: E-jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 139-146. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/37036
Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad, M. (2018). The Use Of Comics Strips to Incrase Student Writing Ability In Narrative Text Outline At The Eight Grade Students of MTs.AL ARIF GEMPOL (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo).
Mustofa, M. A. (2020). Analisis penggunaan whatsapp sebagai media pembelajaran bahasa arab di era industri 4.0. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 333-346. http://dx.doi.org/10.29240/jba.v4i2.1805
Ngalimun, and Noor Alfulaila (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Press Indo.
Prananta, Y. R., Setyosari, P., & Santoso, A. (2016). Pemanfaatan Digital Storytelling Sebagai Media Pembelajaran Tematik di SD. In Seminar Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan aspek psikologinya. digilib. mercubuana. ac. id.(online).
Rachmawati, F. (2008). Dunia di Balik Kata (Pintar Membaca). Yogyakarta: Grtra Aji Parama.
Rahi, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rochman, F. M. (2012). Pengaruh modul terhadap prestasi mata pelajaran kerja bangku pada siswa kelas X jurusan teknik mesin SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2011/2012 (Laporan Penelitian). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rusman. (2010). Model-model pembelajaran profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Saddhono, K., & Slamet, Y. (2014). Pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia: Teori dan aplikasi. Graha Ilmu.
Sangka, I., & Yasa, I. (2022). Pendidikan Uji Praktikalitas E-Modul Trigonometri Berbasis Schoology untuk Pembelajaran Daring di Politeknik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 177-184. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54268
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Setyaningrum, L. W., Andayani, & Saddhono, K. (2018). Pembelajaran Afiks Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol.1, No.2, 49–61. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.8066
Slavin, E. (2008). Cooperative learning teori, riset dan praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Sudrajat, H. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Lectora Inspire 17 pada Materi Volume Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 5 Blitar (Doctoral dissertation, IAIN Tulungagung).
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, Vol.4, No.3, 170—178. http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2, No. 2, 103—114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tarigan, G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Vaughn, S., Roberts, G., Capin, P., Miciak, J., Cho, E., & Fletcher, J. M. (2019). How Initial Word Reading and Language Skills Affect Reading Comprehension Outcomes for Students With Reading Difficulties. https://doi.org/10.1177/0014402918782618
Yudhi Munadi. (2008). Media Pembelajran; Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press: Ciputat
