MOTIVASI DAN KINERJA GURU PAUD DI TKK SATAP RUTOSORO

Authors

  • Angelina Kurnia Juita STKIP Citra Bakti , Indonesia
  • Angela Marici Mau Gili STKIP CITRA BAKTI NGADA, Indonesia
  • Maria Theresia Seneng STKIP Citra Bakti , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jcpa.v1i3.905

Keywords:

motivasi guru, kinerja guru, kepemimpinan, profesionalisme

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi mengenai, jabatan profesional dan peran dari seorang guru Paud di TKK Satap  Rutosoro. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Filed research) yang bersifat kualitatif, dengan tujuan yang akan dicapai peneliti adalah suatu gambaran secara faktual dengan pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh langsung di lapangan. Adapun hasil peneliti yang diperoleh dalam pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru Paud pada satuan pendidikan di TKK Satap Rutosoro yaitu dilakukan dengan berbagai program yaitu upaya membangun kerja sama dengan orang tua, masyarakat dan lingkungan terkait dalam rangka pengelolaan Paud (TK) yang profesional, akuntabel, dan berdaya saing nasional dan juga guru-guru disiplin dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Akhir dari penelitian ini bahwa kepala sekolah dan guru adalah pemeran yang berada di garda terdepan dalam menentukan keberhasilan peserta didik dalam sebuah lembaga pendidik. Motivasi guru dalam melaksanakan tugas menjadi jembatan untuk mengukur kinerja guru untuk menciptakan motivasi dan kinerja guru yang diharapkan maka dibutuhkan kepala sekolah yang memiliki kemampuan sebagai pemimpin dan guru yang profesional.

Kata kunci: motivasi guru, kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Juita, A. K., Mau Gili, A. M., & Seneng, M. T. (2022). MOTIVASI DAN KINERJA GURU PAUD DI TKK SATAP RUTOSORO. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 1(3), 296–300. https://doi.org/10.38048/jcpa.v1i3.905

Citation Check