ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATAKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SDK TANALODU
DOI:
https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.6152Keywords:
Peran Guru, Motivasi Belajar, Sekolah DasarAbstract
Motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor kunci dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Guru memiliki peran strategis dalam membangkitkan motivasi tersebut melalui pendekatan, komunikasi, dan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di SDK Tanalodu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi terhadap aktivitas pembelajaran di kelas III, wawancara mendalam dengan guru kelas III dan beberapa siswa sebagai informan utama, serta dokumentasi berupa catatan harian guru, foto kegiatan pembelajaran, dan hasil karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran yang bervariasi, suasana kelas yang kondusif, dan interaksi positif antara guru dan siswa. Guru yang memberikan perhatian personal, menggunakan media pembelajaran inovatif, serta menyisipkan kegiatan menarik seperti permainan edukatif terbukti mampu meningkatkan semangat dan keterlibatan siswa dalam belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya peran guru tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai motivator dan fasilitator dalam menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna.
References
Beru, M. Y., Wonga, T. M., & Qondias, D. (2025). Pengembangan Media Papan Tokoh Untuk Pemahaman Karakter Perumus Pancasila Pada Siswa SDN Hedhazita. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(2), 169–180. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i2.5182
Brown, K., & Larson, P. (2022). Project-Based Learning and Student Engagement in Elementary School. Journal of Educational Innovation, 9(1), 66–79. https://doi.org/10.1111/jei.12032
Chen, X., & Li, Y. (2021). Differentiated Instruction and Student Motivation in Elementary Classrooms. International Journal of Educational Research, 105, 101–115. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101115
Ciak, M. S., Susu, V. A. P., & Qondias, D. (2025). Media Papan Pintar Pancasila Sebagai Pembelajaran Bermakna Untuk Internalisasi Nilai Pancasila Siswa Fase A Sdn Koeloda. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(1), 66–75. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i1.5179
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2020). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. The Guilford Press.
Dewi, F. C., Sari, L., & Putri, M. (2020). Peran Guru dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Menarik Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 102–110. https://doi.org/10.1234/jpd.v11i2.5678
Hanaris, F. (2023). Peran Guru Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Motivasi, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.5678/jpm.v5i1.1234
Lee, M., & Reeves, C. (2021). The Impact of Supportive Teacher–Student Relationships on Student Motivation. Educational Psychology Review, 33(4), 123–145. https://doi.org/10.1007/s10648-021-09622-8
Muhammad, A. (2020). Interaksi Guru dan Siswa Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(4), 321–330. https://doi.org/10.7890/jpp.v6i4.9987
Munthe, T. A. (2021). Strategi dan Metode Pembelajaran Efektif di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(3), 210–218. https://doi.org/10.4321/jip.v8i3.4321
Nur’alfiah, S. (2023). Adaptasi Metode Pembelajaran Sesuai Karakteristik Siswa Dalam Meningkatkan Motivasi. Jurnal Pendidikan Kontemporer, 7(1), 77–85. https://doi.org/10.8765/jpk.v7i1.6543
Rahmawati, S., & Haryanto, B. (2023). Komunikasi Guru–Siswa Dan Kepercayaan Diri Sebagai Factor Motivasi. Jurnal Pendidikan Empiris, 4(2), 99–108. https://doi.org/10.9876/jpe.v4i2.345
Ramadhani, L. (2023). Pengaruh Refleksi Pembelajaran Terhadap Kemandirian dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(2), 98–106. https://doi.org/10.5671/jpi.v9i2.7890
Sardiman, A. M. (2020). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Sari, D. (2021). Menciptakan Suasana Kelas yang Kondusif untuk Mendukung Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 55–63. https://doi.org/10.1234/jpd.v12i1.2345
Suprijono, A. (2020). Komunikasi Humanis Guru dalam Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(3), 150–160. https://doi.org/10.5678/jpk.v5i3.1289
Tanjung, W. U., Lubis, R., & Harahap, M. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Aktif dan Reflektif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(4), 185–194. https://doi.org/10.3456/jipd.v10i4.5679
Wau, M. P. (2022). Peran Guru dalam Menciptakan Iklim Kelas Positif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar dan Karakter, 3(2), 45–55. https://doi.org/10.5678/jpdk.v3i2.1122
Widodo, A. D., & Sugiharti, R. (2022). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kontekstual, 6(1), 12–20. https://doi.org/10.3451/jpk.v6i1.678
Widyaningsih, N. (2022). Diferensiasi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Partisipasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(3), 134–143. https://doi.org/10.7891/jpp.v11i3.4322
Wulandari, R. (2022). Peran Motivasi Belajar Dalam Keberhasilan Akademik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 22–30. https://doi.org/10.2345/jpp.v7i1.6542
Zimmerman, B. J. (2021). Becoming a self-regulated learner: An overview. Routledge.
						
							




