PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF ELEKTRONIK BERBASIS BAHASA IBU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDK RAKALABA

Authors

  • Yasinta ta'i STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Yosefina Uge Lawe STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Dimas Qondias STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Yohanes Vianey Sayangan STKIP Citra Bakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.6034

Keywords:

Kartu Huruf, Bahasa Ibu, Membaca Permulaan

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk: 1) menciptakan materi literasi kartu huruf elektronik berbasis bahasa ibu, dan 2) menilai kualitas hasil percobaan terkait penciptaan materi literasi kartu huruf elektronik berbasis bahasa ibu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap: (1) define, (2) design, (3) develop, (4) disseminate. Hasil studi dinyatakan bahwa media kartu huruf elektronik yang berbasis bahasa ibu (Bajawa) dapat digunakan sebagai media utama untuk meningkatkan kemampuan membaca awal siswa kelas satu di SDK Rakalaba. Hasil uji coba para ahli berikut ini menunjukkan hal ini. 1) Skor rata-rata untuk uji coba ahli materi/konten adalah 100%, menempatkannya di kategori Sangat Layak; 2) Temuan uji coba ahli bahasa adalah 100%, menempatkannya di kategori Layak. 3) Hasil uji coba ahli desain masuk ke dalam kategori sangat layak dengan skor rata-rata 100%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa media utama untuk meningkatkan kemampuan membaca awal adalah kartu huruf elektronik yang berbasis pada bahasa ibu (Bajawa).

References

Agustin, M. D., Setiawan, A., dan Maruf, M. M. 2021. Pengembangan Media Puzzle Berganda Sebagai Supporting Daya Ingat Menghafal Huruf Alfabet Siswa Kelas 1 SD Negeri 2 Sengon. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1). 10-19. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.173

Ason, & Dasmawarti. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 08 Muara Pawan Kabupaten Ketapang. Pendidikan Dasar, 9(2), 31-43.

Azkia, N., & Rohman, N. (2020). Analisis Metode Montessori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah SD/MI. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-14.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2021). Bahasa Ibu Terancam Punah, Generasi Muda Jangan Sampai Lengah. Diakses pada 15 November 2022. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id//berita-detai/3125/bahasa-ibu-terancam-punah-generasi-muda-jangan-sampai-lengah

Bebhe, A., Sayangan, Y. V., Wa’u, M. P., & Qondias, D. (2024). The Use of Picture Word Cards Through Mother Tongue Approach to Improve Reading Literacy in Second Grade of Watumite Ende Catholic Elementary School. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 15(1), 95–107. https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).16889

Beisenbayeva, L. (2020). Using the Mother Tongue in Foreign-Languagge Learning: Secondary School Students in Kazakstan. International Journal of Instruction, 13(3), 605-616. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13341a.

Dhiu, L. F., Qondias, D., Kaka, P. W., Awe, E. Y. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Bahasa Ibu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 9(1), 167-181. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2182

Dony, P. M. T., Indarti, T., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8992–9006. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3989

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.

Hasan, M. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Hasriani, Nasaruddin, & Syawaluddin, A. (2022). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II. Pinisi: Journal of Education, 2(1), 1–12.

Herianti, H., Andari, K. D. W., & Boa, A. T. (2020). Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan antara Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dengan Metode Global Berbantuan Media Gambar di Kelas 2 SDN 045 Tarakan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 11-24.

Kurniawati, U. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD. Jurnal of Education, Psychology and counseling, 2(1), 40-50.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat. Jakarta: KENCANA.

Laksana, D. N. L., Dolo, F. X., & Qondias, D. (2023). Buku Ajar Mata Kuliah Terintegrasi Bahasa Ibu: Pengembangan Media Pembelajaran SD. Pekalongan: NEM.

Laksana, D. N. L., Dolo, F. X., & Qondias, D. Bopo. B.(2023). In Workshop Media Pembelajaran: Wahana Pendampingan Media Pembelajaran Terintegrasi Bahasa Ibu Untuk Pembelajaran Literasi di Kelas Awal. Jurnal Flobamorata Mengabdi, 1(2), 38-46).

Mesiono, Vanni, S. O., & Zairina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dwi Utama Deli Serdang. Jurnal Raudhah, 8(1), 58– 68.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Snabil.

Nadhifah, K., Yanti, Y. E., & Rosyidi, B. (2021). Pengembangan Media Papan Smart Substracion Bag Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(2), 24-33. https://doi.org/10.3365/pgsd

Nasution, S., Asari, H., Al-Rasyid, H., Dalimunthe, R. A., & Rahman, A. (2024). Learning Arabic Language Sciences Based on Technology in Traditional Islamic Boarding Schools in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–102. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i1.4222

Nay, Y. A., Wau, M. P., Sayangan, Y. V., Noge, M. D. (2024). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDK Wolomeli. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1),273-280. https://doi.org/10.58230/27454312.461

Nurhikmah., Wiwi, I., Sri, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Alfabet Konstruksi Berbasis Android untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Literasi Digital. Cokroaminoto Journal of Primary Education. 6(1), 63-72. https://doi.org/10.30605/cipe.612023.2506

Panggabean, W. A., & Siregar, L. N. K. (2024). Pengembangan Media PowerPoint Interaktif untuk Pembelajaran Matematika Materi Pengukuran Panjang pada Kelas III. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 562–575.

Putri, M., Murjainah, & Prasrihamni, M. (2023). Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar untuk Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 1–8.

Qondias, D., Tanggo, M. D., & Laghe, A. (2025). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan, 3(3), 260–269. https://doi.org/10.38048/jcmp.v3i3.5547

Rimhasni. (2020). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 009 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Ilmiah Edu Research, 9(2), 38–47.

Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2021). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487–497. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1845

Samiaji, M. H. (2022). Pengarusutaan Bahasa Ibu. Diakses pada 15 Desember 2022. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detai/3727/pengarusutamaan-bahasa-ibu.

Sibuea, R., Nasution, S., & Rambe, R. N. (2023). Teacher Creativity in Making Learning Media in MIN 3 Medan City. Literasi Nusantara, 3(3), 95–107.

Subli, S. (2021). Upaya Meningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas 1 di SDN 166/IX Tanjung Laut Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 323. https://doi.org/10.33087/dikdaya.vlli2.229

Sugumlu, U., Aslan, S. (2022). The Use of Web 2.0 Tools in Mother-tongue Instruction: Teachers’ Experiences. International Journal of Education & Literacy Studies, 10(1), 124-137. https://dx.doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.10n.1p.124.

Wardani, F. A., & Koeswanti, H. D. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Media Flash Card pada Siswa Kelas 1 di SD Negeri Salatiga 03. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2487-2501.

Warmansyah, J., Utami, T., Faridy, F., Syarfina, Marini, T., Ashari, N. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

ta’i, Y., Lawe, Y. U., Dimas Qondias, & Sayangan, Y. V. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF ELEKTRONIK BERBASIS BAHASA IBU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDK RAKALABA. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(3), 231–245. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.6034

Citation Check