PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI UPT SD NEGERI GAPRANG 01

Authors

  • Surayanah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Felita Dae Janggeum Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Geis Sekar Kinanti Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Meyva Arrum Setyadi Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Muhammad Syafiiq Yaasir Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Nasywa Zakiyya Maulida Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.5969

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar

Abstract

PeneIitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan ContextuaI Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Pendidikan PancasiIa di UPT SD Negeri Gaprang 01. PeneIitian dilaksanakan dengan menggunakan metode kuaIitatif deskriptif dengan teknik pengumpuIan data observasi dan wawancara. Penelitian dilakukan untuk mengamati partisipasi aktif siswa saat pembeIajaran. Pendekatan ContextuaI Teaching and Learning (CTL) dipilih karena dapat mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif siswa dalam proses beIajar. Hasil peneIitian menunjukkan bahwa penerapan ContextuaI Teaching and Learning (CTL) dalam pembeIajaran Pendidikan PancasiIa di kelas 5 UPT SD Negeri Gaprang 01 sudah meIibatkan tujuh komponen utama, yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat beIajar, pemodelan, refIeksi, dan peniIaian autentik. Implementasi pendekatan ini berdampak positif terhadap keterlibatan siswa, pemahaman konsep, serta sikap dan nilai kewarganegaraan yang ditanamkan melalui pembelajaran. Sehingga, pembelajaran dengan pendekatan ContextuaI Teaching and Learning (CTL) pada pembeIajaran Pendidikan PancasiIa di kelas 5 UPT SD Negeri Gaprang 01 berhasil menjadi pendekatan yang efektif dan relevan daIam mendukung pembeIajaran bermakna dan kontekstual di tingkat sekolah dasar. Namun dalam pelaksanaannya, pendekatan CTL menghadapi kendala berupa keterbatasan waktu dan keterbatasan media konkret yang tersedia.

References

Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 6–12. https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.76

Beru, M. Y., Wonga, T. M., & Qondias, D. (2025). Pengembangan Media Papan Tokoh untuk Pemahaman Karakter Perumus Pancasila Pada Siswa SDN Hedhazita. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(2), 169–180. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i2.5182

Ciak, M. S., Susu, V. A. P., & Qondias, D. (2025). Media Papan Pintar Pancasila Sebagai Pembelajaran Bermakna untuk Internalisasi Nilai Pancasila Siswa Fase A SDN Koeloda. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(1), 66–75. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i1.5179

Dewatiari. (2023). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Metode Inquiry Guna Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Pkn. Jurnal Impresi Indonesia, 2(4), 317–323. https://doi.org/10.58344/jii.v2i4.2256

Efendi, R., & Gustriani, D. (2022). Manajemen kelas di sekolah dasar. Penerbit Qiara Media. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Erni, E., Yunus, M., & Nur, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Bosowa Journal of Education, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.35965/bje.v1i1.466

Ester, S. I., & Listiani, T. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 503–520. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.1461

Fadhli, Y. R., & Yoenanto, N. H. (2021). Efektivitas Pelatihan Contextual Teaching and Learning (CTL) Guna Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar di Pulau Sebatik. Jurnal Psikologi TALENTA, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.26858/talenta.v6i2.19304

Fauziyah, R. I., Sutriyani, W., & Zumrotun, E. (2024). Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Realia terhadap Hasil Belajar Matematika SD. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 407–417. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.717

Femisha, A., & Madio, S. S. (2021). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran CTL dan BBL. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 97–112. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.880

Firlanda, B., Rulviana, V., & Maruti, E. S. (2024). Efektivitas Model CTL Berbantuan Papan Kantong Pancasila Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 1618–1625. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Fusfita, F. (2022). Model Inquiri Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Materi Manfaat Puasa Ramadan Kelas V SD Negeri 1 Patas I). Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2(1), 1262–1274.

Hamid, J., Pebriyan, & Gusmaneli. (2024). Pembelajaran Kontekstual: Solusi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Realisasi: Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain, 1(3), 1–12. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i3.113

Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal DinamikA, 3(2), 112–126. https://doi.org/10.18326/dinamika.v3i2.112-126

Huda, K. (2023). Penggunaan Contextual Teaching and Learning pada Mata Kuliah Reading bagi Peserta Didik Pendidikan Bahasa Inggris. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 7(01), 113–132.

Kholid, I. (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Tarunaedu: Journal of Education and Learning, 1(1), 68–82. https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v1i1.134

Kurniasih, D. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 285–293. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53345

Lathifah, A. S., Hardaningtyas, K., Pratama, Z. A., & Moewardi, I. (2024). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2233

Masfufah, F. H., & Ellianawati, E. (2020). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Bermuatan Etnosains. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 129–138. https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41918

Mashudi, & Azzahro, F. (2020). Contextual Teaching and Leraning. Jember: LP3DI PRESS. https://digilib.uinkhas.ac.id/28233/1/BK-CTL-Mashudi.pdf

Meilinda, D., & Utaminingsih, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(1).

Muisdalifah, F. A., Sugiantoro, S., Susiana, D. R., Kusumawati, D., & Niswatin, N. (2024). Efektivitas Penerapan Metode Live Shopee dalam Pembelajaran PPKN KELAS X. WIDYALOKA, 11(2), 32-45.

Penanta, P., Ogi, N. L. I. M., & Tumbel, F. M. (2023). Penerapan Komponen Tipe CTL (Contextual Teaching Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Gerak di SMA Negeri 1 Tondano. SOSCIED, 6(2), 450–458. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i2.714

Pramana, P. M. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 487–493. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.875

Pratama, A. R. (2023). Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI di SDN 02 Percontohan. Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 30–38. https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i2.515

Puspitasari, V., Widayat, E., & Sumartono, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran CTL Tipe Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(1), 75–81. https://doi.org/10.55583/jkip.v4i1.594

Qondias, D. (2025). Kecenderungan Gaya Belajar Visual Auditori dan Kinestetik Pada Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 123-138. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23258

Qondias, D., Noge, M. D., Lodo, M. L., & Meo, V. (2025). Learning Session on Promoting Multicultural Values through the Teaching of Pancasila Education Using Interactive Media in Elementary Schools. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(1), 35–47. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i1.6854

Rahayu, N., Ndona, Y., & Setiawan, D. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Muatan Pelajaran PKN Disekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 4(1), 89–96.

Rezeki, N. S., & Haryanti, Y. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SDN Cimanggu II. Mirabilis: Journal of Biology Education, 1(2), 38–46. https://doi.org/10.56916/jm.v1i2.331

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Setiawati, I., Mahfuroh, L., & Azha, N. F. (2024). Pentingnya pembelajaran PKn di SD Untuk Menumbuhkan Kesadaran Berdemokrasi Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.472

Sitepu, T. E., Perangin-angin, R. B. B., & Nasriah, N. (2023). Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 213–223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4248

Sunarsih, W. (2023). Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning) Belajar Menulis Berita Lebih Mudah. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Swasdewi, N. W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Kelas VI A SDN 10 Sumerta. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(4), 475–483. https://doi.org/10.5281/zenodo.7675866

Wahyuni, I., & Muhibbin, A. (2024). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Penguatan Literasi Sosial Pada Pembelajaran PKN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 607–622. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04

Wandoka, W., Ritiauw, S. P., & Johanes, N. Y. (2022). Penerapan Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Mengenal Pemerintahan Desa Siswa Kelas IV SD Negeri Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Primary Didactic: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 42–50. https://doi.org/10.30598/primary-didactic.2.2.97-105

Wowor, E. C., Tumewu, W. A., & Mokalu, Y. B. (2022). Implementasi Repetitive Method Melalui Kegiatan Refleksi dalam Pembelajaran. SOSCIED, 5(2), 272–279. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v5i2.545

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Surayanah, Janggeum, F. D., Kinanti, G. S., Setyadi, M. A., Yaasir, M. S., & Maulida, N. Z. (2025). PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI UPT SD NEGERI GAPRANG 01. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(3), 256–268. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.5969

Citation Check