BERMAIN PERAN DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Risa Yuliana Dewi Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.5648

Keywords:

Bermain Peran, Keterampilan Bahasa, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran metode role-playing dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan studi literatur dengan meninjau 11 artikel ilmiah yang relevan, diterbitkan pada rentang tahun 2021–2025 dan diperoleh melalui Google Scholar. Analisis dilakukan secara kualitatif untuk mengidentifikasi pola, efektivitas, serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan metode role-playing. Hasil kajian menunjukkan bahwa role-playing terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara, ditandai dengan peningkatan skor rata-rata dalam berbagai penelitian. Selain itu, metode ini juga mendorong peningkatan aktivitas belajar, rasa percaya diri, serta keterampilan komunikasi siswa. Konsistensi temuan dari berbagai metodologi memperkuat validitas efektivitas role-playing sebagai strategi pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan sesuai dengan prinsip Communicative Language Teaching (CLT). Dengan demikian, role-playing dapat dipandang sebagai metode pembelajaran yang relevan untuk mendukung keterampilan bahasa dan kompetensi abad ke-21 siswa sekolah dasar di era Merdeka Belajar.

References

Apriana, W. N., Maharani, I., & Universitas Mandiri. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN Pelita Karya Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 213–221.

Bahtiar, M. D. (2024). Implementasi metode bermain peran dalam keterampilan berbicara pada pembelajaran teks negosiasi. Narasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(2), 161–176. https://doi.org/10.30762/narasi.v2i2.3808

Bebhe, A., Vianey Sayangan, Y., Partisia Wa’u, M., & Qondias, D. (2024). The Use of Picture Word Cards Through Mother Tongue Approach to Improve Reading Literacy in Second Grade of Watumite Ende Catholic Elementary School. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 15(1), 95–107. https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).16889

Dhiu, L. F., Qondias, D., Kaka, P. W., & Awe, E. Y. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Bahasa Ibu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 167-181. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2182

Fawaid, A., & Damayanti, A. D. (2024). Pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Materi Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 145. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2914

Filsiani. (2025). Implementasi Teknik Role Playing Untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Jurnal Konseling, 6(3), 96–102. https://doi.org/10.31960/konseling.v6i3.2808

Fitri, S., Nazurty, & Sukendro. (2023). Implementasi Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 15(2), 239–250. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2330

Hamid, M. A. (2023). Korelasi Antara Kemampuan Menyimak Dan Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Konsepsi, 12(1), 45–53.

Harhap, F. D. (2024). Penerapan Metode Role Play Pada Siswa Sekolah Dasar Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(6), 77-86. https://doi.org/10.59818/jpi.v4i6.981

Herdiansyah, F., & Idris, I. (2025). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 109-118.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Izzati, F. N., Kurnianti, E. M., Hasanah, U. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Role Playing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17, 134–142.

Kurniasari, A. A., Nugroho, A. S., Umam, N. K., & Subayani, N. W. (2023). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Dengan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 8582–8591. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1649

Lailiyah, N., Gigik, Y. R., Ainisya, A., Anisa, S. K., & Etikasari, M. (2025). Implementasi Model Role Playing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berkomunikasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 34-44.

Lubis, C., & Nasution, S. (2024). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2017–2028.

Marbun, N. G. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD di UPTD SDN 015931 Padang Mahondang Tahun Pembelajaran 2024/2025. Quaerite Veritatem: Jurnal Pendidikan, 4(2), 195–208.

Ningsih, F. A. (2025). Implementasi Metode Role Playing Dalam Kemampuan Kreatif Siswa di kelas IV SDN 056592 Perkebunan Bekiun. Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 64-72.

Putri, A. R. (2023). Urgensi Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Berbasis Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2),168–176.

Rahmaniah, N., Oktaviani, A. M., Arifin, F., Maulana, G., Triana, H., Serepinah, M., & Abustang, P. B. (2023). Berpikir kritis dan kreatif: Teori dan Implementasi Praktis dalam Pembelajaran. Publica Indonesia Utama.

Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 42–56.

Rofi’i, A. (2023). Kesulitan Berbicara Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1895–1904. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6851

Rokmanah, S., Andriana, E., & Wiyudia, N. (2024). Analisis Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 482–498.

Sari, N. S. P., Utama, C., & Fithriyanasari, E. (2024). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Canva Untuk Meningkatkan Gotong Royong Pada Pembelajaran IPAS kelas 5. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(5), 6. https://doi.org/10.17977/um063.v4.i5.2024.6

Sartika Sari, A., Syamsuri, A. S., & Karumpa, A. (2023). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(3), 288–306. https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.192

Subroto, D. E., Amalia, A. R., Fathani, N., & Muhlisoh, N. M. (2025). Upaya Guru Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menggunakan Metode Role-Playing Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 56-67.

Suharti, S., Khusnah, W. D., Ningsih, S., & Shiddiq, J. (2021). Kajian Psikolinguistik. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1), 23-35.

Susanti, T., Hartati, T., & Nuryani, P. (2021). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1–12.

Downloads

Published

2025-08-18

How to Cite

Dewi, R. Y. (2025). BERMAIN PERAN DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(3), 277–286. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.5648

Citation Check