PENTINGNYA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENILAIAN KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK DALAM PEMBELAJARAN PKN SEKOLAH DASAR

Authors

  • Surayanah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Rifana Dewi Febriyanti Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Tausiyah Jihan Nabila Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Tenarsya Prastama Putri Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Yasmin Queen Aisyah Reizvana Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.5640

Keywords:

Afektif, Kognitif, Penilaian, Pendidikan Kewarganegaraan, Psikomotorik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam implementasi penilaian hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas VI UPT Satuan Pendidikan SDN 2 Bendo Kota Blitar, yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam sebagai metode utama pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kognitif telah dilaksanakan secara sistematis melalui instrumen formatif dan sumatif, serta penggunaan rubrik yang sesuai dengan capaian pembelajaran. Namun, penilaian afektif dan psikomotorik masih menghadapi tantangan dalam hal keterbatasan instrumen, konsistensi pelaksanaan, serta kurangnya pelatihan bagi guru. Rubrik penilaian yang tersedia belum sepenuhnya diimplementasikan secara konsisten, dan proses penilaian cenderung bersifat observatif tanpa pencatatan yang sistematis. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan guru serta pengembangan instrumen penilaian yang lebih aplikatif dan kontekstual untuk menunjang penilaian holistik yang selaras dengan tujuan pembelajaran PKn dalam membentuk karakter dan keterampilan kewarganegaraan siswa secara utuh.

References

Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report Of Biology Education, 2(1), 1–10.

Adinda, W. N., Wahyuni, S., & Majidah S, K. (2020). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini di Annur I Sleman Yogyakarta. Jurnal Raudhah, 8(1), 92–104. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah

Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, 1–17.

Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 924–930. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1–9. https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22

Ciak, M. S., Susu, V. A. P., & Qondias, D. (2025). Media Papan Pintar Pancasila Sebagai Pembelajaran Bermakna untuk Internalisasi Nilai Pancasila Siswa Fase A SDN Koeloda. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(1), 66–75. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i1.5179

Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157

Ichsan, F. N. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(2), 281–300. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.399

Kemendikbud. (2016). Salinan Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2016, Standar Penilaian Pendidikan, 1–12. http://arxiv.org/abs/1011.1669%0Ahttp://dx.doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Lina, Ulfatin, N., & Sultoni. (2022). Strategi Kepala Sekolah Menengah Atas Dalam Memaknai Domain Keterampilan Era Revolusi Industri 4.0. Urnal Pendidikan, 7(1), 572–585. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Nadya, A., Devia, D & Gusmaneli. (2024). Hakikat Evaluasi (Pengertian Pengukuran, Penilaian, Evaluasi; Fungsi & Tujuan Penilaian, Ciri-Ciri Penilaian Pendidikan). Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 228–233. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.195

Nofriyandi, & Andrian, D. (2022). Factors That Affect Students’ Mathematics Performance At Higher Education in Riau Province During the Covid-19 Pandemic. Infinity Journal, 11(2), 367–380. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i2.p367-380

Nurul., Rustan, E., & Ajigoena, A. M. (2023). Penilaian Afektif Siswa terhadap Perubahan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 231–241. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.58498

Purwaningrat, K., Antara, P., & Suarjana, I. M. (2021). Instrumen Penilaian Perseptual Motorik Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 128. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.33225

Putra, I. G, S., & Renda, N. T. (2022). Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 241–249. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.46833

Qondias, D., Noge, M. D., Lodo, M. L., & Meo, V. (2025). Penguatan Nilai-Nilai Multikultural melalui Pembelajaran Pancasila Berbasis Media Interaktif di Sekolah Dasar. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(1), 35–47. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i1.6854

Ramadani, E.N & Handayani, D.F. (2024). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Objektif. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 86–96. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2159

Subagis, J., & Setiawan, A. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Pada Penggunaan Lego dalam Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 39(1), 11–23. https://doi.org/10.15294/jpp.v39i1.35838

Sunaryati, T., Saepi D.S.A., Chandra, N.A., Rosita, I., Aprilia, A. (2024). Analisis Peran Evaluasi Formatif dalam Mendukung Keberhasilan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 255-263. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16820

Wati, D. R., & Anggriani, M. (2024). Membangun Karakter Bangsa melalui Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar: Tantangan dan Strategi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 13-26. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.562

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.

Wulandari, A., & Radia, E. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Surayanah, Febriyanti, R. D., Nabila, T. J., Prastama Putri, T., & Reizvana, Y. Q. A. (2025). PENTINGNYA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENILAIAN KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK DALAM PEMBELAJARAN PKN SEKOLAH DASAR. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(3), 219–230. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.5640

Citation Check