PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI UPT SDN KLAMPOK KOTA BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.5636Keywords:
Pedekatan Saintifik, Pembelajaran IPS, Metode Pembelajaran AktifAbstract
Penelitian ini mengkaji penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di UPT SDN Klampok Kota Blitar melalui analisis literatur. Pendekatan ini menitikberatkan pada proses ilmiah, yang mencakup pengamatan, perumusan pertanyaan, pengumpulan informasi, penalaran, dan komunikasi. Metode ini telah terbukti berkontribusi terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, serta kemandirian siswa. Namun, implementasi pendekatan ini masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti keterbatasan waktu, sarana dan prasarana, serta kesiapan guru sebagai fasilitator utama. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, beberapa strategi dapat diterapkan, seperti penggunaan media visual, pembelajaran berbasis kolaborasi, dan pendekatan proyek, meskipun keberhasilannya tetap dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya sekolah.
References
Aprilia, D. A. 2023. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran IPS Di SMP NEGERI 6 Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jember: UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Dhiu, M. I., Qondias, D., Awe, E. Y., & Wau, M. P. (2024). Penerapan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 5 SDN Natakupe. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 294-309. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19579
Hapsari, E. E., Sumantri, M. S., & Astra, I. M. (2020). Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.171
Ixfina, F. D., & Rohma, S. N. (2025). Dasar-Dasar Pendidikan sebagai Pembentuk Moral dan Intelektual Peserta Didik di Sekolah Dasar. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 222–231. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i2.7065
Jamal, M., Edison, Qanisma, A. 2024. Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Social Studies, 9(4) melalui studies/article/download/19499/18627
Khalbi, N. P., Alvina, L., Setiawati, M., & Luthfiani, L. (2024). Dampak Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru Di MTSN 2 Solok Selatan. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v3i1.1433.
Mbowa, M. D., Vinsensia Ledeng, Maria Yasinta Wale, Maria Yuliana Zae, & Qondias, D. (2025). Analisis Praktik Baik dan Kegiatan Positif Untuk Membangun Karakter Siswa di SDN Riominsi. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 3(1), 51–65. https://doi.org/10.38048/jpicb.v3i1.5597
Nugraha, M. Y., Efendi, R., Harto, K., & Pratama, I. P. (2025). Perkembangan Masa Anak/Sekolah (Fisik, Intelektual, Emosi, Sosial, Moral, Serta Agama) dan Implikasinya Pada Pendidikan Agama Islam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 13-34. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.23235
Nursela, M. E. 2022. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas IX DI MTS N 6 Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Qibtiyah, N., Suharsono, N., & Haris, I. A. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 2 Seririt. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 176–185. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20114
Qondias, D., Dhiu, K. D., Ngura, E. T., Una, L. M. W., Beku, V. Y., & Menge, W. (2024). Penguatan Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar Melalui Pendampingan Media Pembelajaran Diferensiasi. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(4), 1124–1138. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i4.4441
Qondias, D., Lasmawan, W., Dantes, N., & Arnyana, I. B. P. (2022). Effectiveness of Multicultural Problem-Based Learning Models in Improving Social Attitudes and Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Thematic Instruction. Journal of Education and E-Learning Research, 9(2), 62–70. https://doi.org/10.20448/jeelr.v9i2.3812
Riayana, W.A. 2019. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 67 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Sitanggang, D. S., & Hadiyanti, A. H. D. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran IPAS Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) SISWA KELAS V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1873-1887. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13629
Suja, I Wayan. 2019. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran.
Tukidi, T., Purnomo, A., Muntholib, A., & Mulianingsih, F. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran IPS pada Forum Guru Ambarawa. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 160-162. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29727
Una, . Y., Wau, M. P., Qondias, D., & Noge, M. D. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPAS di Kelas 3 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 5(9), 10. https://doi.org/10.17977/um065.v5.i9.2025.10
Zainuddin. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Anjir Pasar Barito Kuala Kalimantan Selatan. Jurnal Socius: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 4(1), 1-8. doi: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v4i1.3295.
						
							




