PENGUATAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA TEKA-TEKI BURUNG GARUDA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SDK BOMARI
DOI:
https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.5181Keywords:
Pendidikan Pancasila, Teka-Teki Garuda, Media Pembelajaran, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa teka-teki Burung Garuda sebagai sarana penguatan Pendidikan Pancasila pada siswa kelas I SDK Bomari. Latar belakang penelitian didasarkan pada permasalahan pembelajaran Pendidikan Pancasila yang cenderung abstrak, monoton, serta kurang menarik bagi peserta didik. Untuk itu, dibutuhkan media inovatif yang kontekstual, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan kognitif siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pada tahap analisis, ditemukan bahwa guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran yang sederhana, menarik, dan mampu memvisualisasikan nilai-nilai Pancasila. Tahap desain menghasilkan prototipe teka-teki berbentuk Burung Garuda yang memuat simbol-simbol Pancasila. Pada tahap pengembangan, produk divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Selanjutnya, implementasi dilakukan melalui uji coba perorangan dan kelompok kecil di SDK Bomari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media teka-teki Burung Garuda termasuk kategori sangat layak digunakan. Skor validasi dari ahli materi sebesar 87%, ahli media 83%, dan ahli desain 81%. Uji coba perorangan memperoleh skor 82%, sedangkan uji coba kelompok kecil mencapai 83%. Data ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, serta pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila.
References
Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(1), 1-10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10
Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1541-1546. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2772
Arifin, S. F. A., & Sustriani, N. W. (2025). Efektivitas Media Pop-Up Keberagaman Nusantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Elemen Bhinneka Tunggal Ika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 290-304.
Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Ciak, M. S., Susu, V. A. P., & Qondias, D. (2025). Media Papan Pintar Pancasila Sebagai Pembelajaran Bermakna untuk Internalisasi Nilai Pancasila Siswa Fase A SDN Koeloda. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(1), 66–75. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i1.5179
Dewi, D. A., & Ulfiah, Z. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 499-506.
Fadilah, N. (2019). Tantangan dan Penguatan Ideologi Pancasila dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (DECA), 2(02), 66-78. https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.1546
Lazuarni, D. N., Nasution, K., Rahayu, S., Wulandari, W., Wihelmina, Y., & Siregar, W. M. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VI-B SDN 060932 Medan Amplas. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11-23. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.503
Muna, Z., Nursyahidah, F., Subekti, E. E., & Maflakhah, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Kelas I SD Negeri Muktiharjo Kidul 03 Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3421-3436.
Nadiah, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Karakter Bangsa yang Berlandaskan Pancasila. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7875–7883. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2261
Paivio, A., Clark, JM & Lambert, WE. (1988). Bilingual dual-coding theory and semantic repetition effects on recall. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 14(1). https://doi.org/10.1037/0278-7393.14.1.163
Prasasti, S., Ningrum, E.S & Rahayuningtyaswara, D. (2025). Permainan Ular Tangga Sebagai Media Edukatif Untuk Menanamkan Nilai Pancasila Pada Siswa SD. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(6), 531–535. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i6.386
Pratama, D. A., Ginanjar, D., & Solehah, L. S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari - Hari Sebagai Pendidikan Karakter di Mts. Darul Ahkam Sukabumi. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 78–86. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.114
Pratiwi, N. T. (2021). Analisis Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter di SD negeri 002 Tanjungpinang Barat. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(3), 439–449. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681214
Qondias, D. (2025). Kecenderungan Gaya Belajar Visual Auditori dan Kinestetik Pada Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 123-138. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23258
Qondias, D., Dhiu, K. D., Ngura, E. T., Una, L. M. W., Beku, V. Y., & Menge, W. (2024). Penguatan Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar Melalui Pendampingan Media Pembelajaran Diferensiasi. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(4), 1124–1138. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i4.4441
Qondias, D., Noge, M. D., Lodo, M. L., & Meo, V. (2025). Penguatan Nilai-Nilai Multikultural melalui Pembelajaran Pancasila Berbasis Media Interaktif di Sekolah Dasar. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(1), 35–47. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i1.6854
Rizal, A. (2024). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Global Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Abad 21. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 714–721. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10183
Rizkasari, E., Khalifah, V. N., & Mareta, V. (2025). Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pendidikan Pancasila pada Kurikulum Merdeka Belajar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(1), 429 – 437. https://doi.org/10.61227/arji.v7i1.309
Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). McGraw-Hill.
Wulandari, E., Mahmudah, M., & Fadilah, L. (2024). Pengembangan Media Puzzle Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema Mengenal Simbol dan Sila-Sila Pancasila di Kelas 1 MI Minhadlul Ulum TA 2023/2024. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(2), 308-320.
Yasin, F. N., & Susanti, E. (2023). Penerapan Permainan Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pengamalan Sila Pancasila Kelas II SDN Magersari Sidoarjo. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(3), 188-203. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i3.155
						
							




