UPAYA MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI MEDIA PAPAN ANGKA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK CAHAYA BARU
DOI:
https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.4360Keywords:
Perkembangan Kognitif, Media Papan Angka, Anak Usia DiniAbstract
Matematika sudah bisa dikenalkan pada anak usia 4-6 tahun, namun dalam pengimplemetasiannya masih banyak mendapatkan kendala. Pengenalan konsep matematika di TK Cahaya Baru masih menggunakan media sederhana sehingga perkembangan matematika belum berkembang secara maksimal. Penggunaan media edukatif dalam meningkatkan matematika sangat berpengaruh. Bagi anak usia dini, berhitung bukan hanya menghitung deret angka saja, melainkan sebuah proses yang menyenangkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek perkembangan kognitif pada anak usia 4-6 melalui media papan angka. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif deskriptif, dimana penelitian dilakukan dengan turun secara langsung di lapangan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penelitian seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media papan angka dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan matematika pada anak.
References
Atikah, C. (2023). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 75-81.
Ayu, N. K., & Manuaba, I. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194–201. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498
Bahrum, M., Ramdani, C., & Samsiah, S. (2023). Strategi Pengembangan Matematika Awal Anak Usia Dini. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1-6.
Bue, S. B., Nona, M. O., Popo, N. T., Umbu, S. I., & Qondias, D. (2025). Analysis of children's cognitive development through puzzle game activities in children aged 4 to 5 years at Regina Pacis Bajawa Kindergarten. TGO Journal of Education, Science and Technology, 3(1), 13-19.
Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. AS-SABIQUN, 4(2), 443-455. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1780
Dhiu, M. I., Qondias, D., Awe, E. Y., & Wau, M. P. (2024). Penerapan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 5 SDN Natakupe. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 294-309. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19579
Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186–1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735
Igo, O. P., Laksana, D. N. L., Noge, M. D., & Qondias, D. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Matematika: Studi Di SD Inpres Dhereisa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(7), 324–337. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i7.2857
Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-athfaal: jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini, 3(1), 69-82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508
Kusumastuti, N., Putri, V. L., & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan media Frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(01), 155-163. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3397
Meno, O., Sada, E. Y., & Qondias, D. (2024). Analisis Kebutuhan Media Kartu Emosi Untuk Aspek Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 3(3), 1134–1142. https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i3.4664
Nabighoh, W. N., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Media Interaktif Puzzle Angka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410–3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410
Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make a Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25-30. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221
Priyono, F. H., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(4), 212-217.
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25-34. https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120
Sadha, E., Kajo, M. C. I., Bhoki, M. D., Gawe, F., Seku, S., & Qondias, D. (2024). Analysis of Cognitive Aspects in The Development of Children's Abilities Through Puzzle Game Activities. TGO Journal of Education, Science and Technology, 2(2), 203-209.
Sufa, F. F., & Widyahening, C. E. T. (2023). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Matematika dalam Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3819–3830. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3646
Wardani, E. K., & Suryana, D. (2021). Permainan Edukatif Setatak Angka dalam Menstimulasi Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1790–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1857
Wela, H. N., Fengi, M. Y., Wona, M. K., Lei, M. G. B., & Qondias, D. (2025). Analisis Kebutuhan Permainan Tradisional Untuk Mengembangkan Gerakan Motorik Anak. KUNKUN: Journal of Multidisciplinary Research, 2(1), 9-16. https://ejournal.mediakunkun.com/index.php/kunkun/article/view/188
Wio, B. E., Isang, M. R., Soa, M. M., Lili, M. J., Meo, M. F. B., & Qondias, D. (2025). Analisis Kebutuhan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK ST Theresia Mangulewa. KUNKUN: Journal of Multidisciplinary Research, 2(1), 1-8. https://ejournal.mediakunkun.com/index.php/kunkun/article/view/186
						
							




