UPAYA MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI MEDIA PAPAN ANGKA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK CAHAYA BARU

Authors

  • Andi Nafsia STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Maria Yulianti Tai STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Marselina Lama STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Nurtiana Enem STKIP Citra Bakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.4360

Keywords:

Perkembangan Kognitif, Media Papan Angka, Anak Usia Dini

Abstract

Matematika sudah bisa dikenalkan pada anak usia 4-6 tahun, namun dalam pengimplemetasiannya masih banyak mendapatkan kendala. Pengenalan konsep matematika di TK Cahaya Baru masih menggunakan media sederhana sehingga perkembangan matematika belum berkembang secara maksimal. Penggunaan media edukatif dalam meningkatkan matematika sangat berpengaruh. Bagi anak usia dini, berhitung bukan hanya menghitung deret angka saja, melainkan sebuah proses yang menyenangkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek perkembangan kognitif pada anak usia 4-6 melalui media papan angka. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif deskriptif, dimana penelitian dilakukan dengan turun secara langsung di lapangan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penelitian seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media papan angka dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan matematika pada anak.

References

Atikah, C. (2023). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 75-81.

Ayu, N. K., & Manuaba, I. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194–201. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498

Bahrum, M., Ramdani, C., & Samsiah, S. (2023). Strategi Pengembangan Matematika Awal Anak Usia Dini. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1-6.

Bue, S. B., Nona, M. O., Popo, N. T., Umbu, S. I., & Qondias, D. (2025). Analysis of children's cognitive development through puzzle game activities in children aged 4 to 5 years at Regina Pacis Bajawa Kindergarten. TGO Journal of Education, Science and Technology, 3(1), 13-19.

Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. AS-SABIQUN, 4(2), 443-455. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1780

Dhiu, M. I., Qondias, D., Awe, E. Y., & Wau, M. P. (2024). Penerapan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 5 SDN Natakupe. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 294-309. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19579

Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186–1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735

Igo, O. P., Laksana, D. N. L., Noge, M. D., & Qondias, D. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Matematika: Studi Di SD Inpres Dhereisa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(7), 324–337. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i7.2857

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-athfaal: jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini, 3(1), 69-82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508

Kusumastuti, N., Putri, V. L., & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan media Frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(01), 155-163. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3397

Meno, O., Sada, E. Y., & Qondias, D. (2024). Analisis Kebutuhan Media Kartu Emosi Untuk Aspek Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 3(3), 1134–1142. https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i3.4664

Nabighoh, W. N., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Media Interaktif Puzzle Angka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410–3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410

Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make a Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25-30. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221

Priyono, F. H., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(4), 212-217.

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25-34. https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120

Sadha, E., Kajo, M. C. I., Bhoki, M. D., Gawe, F., Seku, S., & Qondias, D. (2024). Analysis of Cognitive Aspects in The Development of Children's Abilities Through Puzzle Game Activities. TGO Journal of Education, Science and Technology, 2(2), 203-209.

Sufa, F. F., & Widyahening, C. E. T. (2023). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Matematika dalam Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3819–3830. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3646

Wardani, E. K., & Suryana, D. (2021). Permainan Edukatif Setatak Angka dalam Menstimulasi Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1790–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1857

Wela, H. N., Fengi, M. Y., Wona, M. K., Lei, M. G. B., & Qondias, D. (2025). Analisis Kebutuhan Permainan Tradisional Untuk Mengembangkan Gerakan Motorik Anak. KUNKUN: Journal of Multidisciplinary Research, 2(1), 9-16. https://ejournal.mediakunkun.com/index.php/kunkun/article/view/188

Wio, B. E., Isang, M. R., Soa, M. M., Lili, M. J., Meo, M. F. B., & Qondias, D. (2025). Analisis Kebutuhan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK ST Theresia Mangulewa. KUNKUN: Journal of Multidisciplinary Research, 2(1), 1-8. https://ejournal.mediakunkun.com/index.php/kunkun/article/view/186

Downloads

Published

2025-08-22

How to Cite

Andi Nafsia, Maria Yulianti Tai, Marselina Lama, & Nurtiana Enem. (2025). UPAYA MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI MEDIA PAPAN ANGKA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK CAHAYA BARU. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(3), 299–307. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.4360

Citation Check