IMPLEMENTASI PERMAINAN KINCIR ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKN DOLUMOLO
DOI:
https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i3.4353Keywords:
Kincir Angka, Mengenal Angka, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah permainan edukatif yang dapat meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengenal angka. Permainan edukatif tersebut diterapkan pada anak-TKN Dolumolo, yang terletak di Kecamatan Bajawa, Kabupeten Ngada. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mempelajari penerapan alat pembelajaran edukatif berupa kincir angka dalam mengembangkan aspek kognitif anak. Partisipan penelitian melibatkan 15 siswa berusia 5-6 tahun dan 2 guru. Teknik pengumpulan data meliputi data verbal, data non-verbal, dan pengamatan langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran edukatif kincir angka terbukti efektif dan mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bilangan. Anak-anak menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mencoba permainan tersebut. Pengamatan juga mengungkapkan adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan anak-anak usia 5-6 tahun dalam mengenal konsep bilangan ketika bermain Kincir Angka. Oleh karena itu, penggunaan media Kincir Angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dan mengenal angka.
References
Alawiyah, Z., Hidayah, N., Fauziah, R., Khoirotunnisya, W. A., & Sundari, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kincir Kelinci Berhitung Untuk Meningkatkan Kognitif Anak. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 7(2), 122-129. https://doi.org/10.51529/ijiece.v7i2.371
Ambarwati, H. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45. https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.317
Ardiana, R. (2023). Implementasi Media Berbasis TIK untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 103–111. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.117
Bue, S. B., Nona, M. O., Popo, N. T., Umbu, S. I., & Qondias, D. (2025). Analysis of children's cognitive development through puzzle game activities in children aged 4 to 5 years at Regina Pacis Bajawa Kindergarten. TGO Journal of Education, Science and Technology, 3(1), 13-19.
Fatimah, F. N., Afifah, H. U. N., Auliani, R., & Larasati, S. A. (2023). Alat Permainan Edukatif Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 44-56. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15436
Harpini, H., Amalia, R., Asilestari, P., Zulfah, Z., & Yusnita, A. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK DENGAN MEDIA KINCIR ANGKA DI TK MAYA PERMATA PENYASAWAN PADA USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(12). https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i1.4409
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735
Irayana, I., & Assyauqi, I. (2024). Eksperimen Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) pada Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini . JEA (Jurnal Edukasi AUD), 10(1), 47–56. https://doi.org/10.18592/jea.v10i1.11422
Jannah, U. A. S. A., Hasanah, M., Namilah, I., Firmansyah, M. R., & Makki, I. (2025). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Media Kincir Ria Matematika di TK At-Tien Sumber Gayam Pamekasan. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 3(4), 68-76. https://doi.org/10.61132/ardhi.v3i4.1409
Jumiati, J., Rahakabauw, H., & Budiarti, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1757-1760. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.630
Kusumastuti, N. (2020). Implementasi pilar-pilar karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333-342.
Meo, L., Aso, E. V., Beo, M. A., Rabu, S. A., Dhiu, V., & Qondias, D. (2024). Analisis Kebutuhan Permainan Outdoor Terhadap Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. KUNKUN: Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 400-404. https://ejournal.mediakunkun.com/index.php/kunkun/article/view/162
Nabighoh, W. N., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Media Interaktif Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410–3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410
Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6462–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408
Nurdin, N. (2022). Pengaruh Bermain Outdoor terhadap Perkembangan Fisik Motorik dan Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5819–5826. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3226
Saripudin, A., & Zahrani, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Raudhotul Athfal. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 99–110. https://doi.org/10.51529/ijiece.v5i1.213
Sufintan, R. A., & Aryani, Z. (2025). Pengembangan Media Ajar Kincir Ajaib Hitung dan Romawi Matematika Sekolah Dasar. JIWA: Jurnal Inovasi Wawasan Akademik, 1(3), 187-195.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
Tanjung, L. F. R., & Sit, M. (2025). Penggunaan Media Jam Kincir untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik pada Anak 5-6 Tahun. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 97-108.
Tasbilliah, N., & Indrawati, D. (2025). Pengembangan media kincir angka pada materi mengurutkan bilangan untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(11), 2892-2902.
						
							




