PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL TIKI TOKA UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK SATAP SDI RUTOSORO
DOI:
https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i4.2862Keywords:
Permainan, Tradisional, Tiki TokaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media permainan tradisional Tiki toka dan untuk mengetahui kelayakan media permainan juru di TKK Satap SDI Rutosoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE 1) analysis; (a) analisis kurikulum; (b) analisis kebutuhan peserta didik; (c) analisis kompetensi. 2) design; (a) perancangan desain produk; (b) penyusunan materi (c) penyusunan instrumen. 3) development; (a) pengembangan produk; (b) validasi ahli; (c) revisi ahli. 4) implementation; (a) uji kelayakan para ahli;validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 93,3% dengan kriteria sangat valid,validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 90% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli desain memperoleh skor rata-rata 85% dengan kriteria valid (b) uji kelayakan penggunaan media. Dilakukan dengan uji coba kelompok dengan skor rata-rata yang diperoleh 85,7% dan uji coba perorangan memperoleh skor 85 % dengan kriteria valid 5) evaluation dan kriteria kelayakan seluruh ahli dan kelayakan dari uji perorangan serta kelompok kecil.
References
Haris (2016). Kearifan Lokal Permaian Tradisional Cublak- Cublak Suwleng Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Audi, 1(1),15-20.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melaui Permaian Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal pendidan anak, 5(1), 15-23.
Kurniati (2016). Permainan Tradisional dan Perananya Dalam Mengembangkan Keterampilan Soial Anak. jakarta: kencana
Maduratih, K & Sari, A.D.I. (2024). Permainan Tradisional Boi – Boian Sebagai Media Pembelajaran Pecahan. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.3483/trigonometri.v1i3.1927
Marcheta, N., & Kareem, R. (2023). Efektifitas Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Kebudayaan Permainan Tradisional Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Journal On Education, 6(1), 222-229.
Mariawati. (2022). Pengembangan Alat Permaian Edukatif Berbasis Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Usi Dini di Paud Nurul Yaqin Kedondong Daya Desa Pringgasela Tahun Pembelajaran 2021/2022. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 11(1),1-22.
Qondias, D., Dhiu, K. D., Dinatha, N. M., Mere, V. O., Wea, H. R., & Weti, M. O. (2024). Pendampingan Permainan Edukatif Untuk Membentuk Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. ALAMTANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat UNM Mataram, 5(1), 1-9.
Reiser dan Molenda. 2010. Pengembangan ADDIE. Yogyakarta Pustaka Pelajar
Richard.2013. Motorik Kasar Anak Usia Dini, Jakarta: PT Bumi Aksara
Romlah, R. (2017).Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar Terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris:jurnal keguruan dan ilmu tarbiyah, 2(2),131-137.
Rusli, M., Jud, J., Suhartiwi, S., & Marsuna, M. (2022). Pemanfaatan Permainan Tradisional Sebagai Media Pembelajaran Edukatif pada Siswa Sekolah Dasar. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 582–589. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.948
Samsurrijal, A. (2022). Permainan Tradisional Indonesia Sebagai Media Penanaman Nilai Moral Pada Siswa: Sebuah Studi Literatur. Nusantara Education, 1(1), 10–19.
Standar Nasional PAUD. No 137,2014. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini. Yoyakarta: PT Pustaka Insan Madani
Sujino.2017. Motorik kasar Tanggerang Selatan: Cempaka Putih
Sutini, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permaian Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2).67-77





