PENGEMBANGAN MEDIA FISHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ASPEK FISIK MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i3.2799Keywords:
Fishing, Gross Motor, Early ChildhoodAbstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk menghasilkan media fishing untuk meningkatkan aspek fisik motorik kasar pada anak usia dini 4-5 tahun di PAUD Terpadu Citra Bakti 2) untuk mengetahui kelayakan media fishing untuk meningkatkan pemahaman aspek fisik motorik kasar pada anak usia dini 4-5 tahun di PAUD Terpadu Citra Bakti. Pengembangan media pembelajaran fishing menggunakan model ADDIE. Dalam tahapan penelitian terdiri dari: 1) Tahapan Analisi 2) Tahapan Desain 3) tahapan perencanaan 4) tahap implementasi 5) tahap Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi , wawancara, dokumentasi, angket. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk media fishing yang telah diuji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukan hasil sangat valid dan layak untuk di gunakan dengan rinciaan: 1) Ahli Materi 96,6% sangat valid, 2) Ahli Media 83,8% valid, 3) Ahli Desain 85,3% Valid, 4) uji coba kelompok kecil 88,3% 5) uji coba perorangan 100% sangat valid artinya media ini layak digunakan pada anak usia dini
References
Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat anak usia dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65, 1-43.
Diana, F. A., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2021). Instrumen Penilaian Kelincahan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 423-430.
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of clap hand games for optimalize cogtivite aspects in early childhood education. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162-169.
Inu, M., Meka, M., & Ngura, E.T. (2023). Pengembangan Media Pemblajaran Pohon Angka Untuk Kemampuan Berhitung Permulan Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Kelompok B. Jurnal citra pendidik anak, 2(2), 547-554
Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2), 15-28.
Kusnadi Cecep, Darmawan Daddy. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 2020.
Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan pembuatan media pembelajaran anak usia dini menggunakan bahan sisa. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 44-53.
Pertiwi, D., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62-69.
Puspita, G. D., & Khotimah, N. (2023). Eksperimen Permainan Memancing Ikan Warna Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 64-73.
Safirah, S. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Melalui Senam Irama pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2021/2022. Peran Guru dalam Meningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Melalui Senam Irama pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2021/2022.
Sari, M. N. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu pada Pendidikan Anak Usia Dini (Analisis di Play Group Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(2), 111-118.
Sidiq, A. M., & Muqowim, M. (2020).Pengembangan Kreativitas Anak melalui Konsep Merdeka Belajar di Sanggar Anak Alam. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 146-156.
Widiyanti, L., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Jaring Ikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 3778-3783.
Yosinta, S. I., Nasirun, H. M., & Syam, N. (2016).Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Kodok. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 57-61.
Yulianto, F., Utami, Y. T., & Ahmad, I. (2018). Game Edukasi Pengenalan Buah-buahan Bervitamin C untuk Anak Usia Dini. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 7(3), 242-251.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.





