PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DALAM BENTUK CERITA RAKYAT NUSANTARA UNTUK KEMAMPUAN PRA LITERASI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TKN SUTAMI
DOI:
https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i4.2691Keywords:
Media Pop Up Book, Pra lIterasi, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan keterampilan serta menumbuhkan minat membaca atau meningkatkan pra literasi pada anak dan mengetahui perkembangan anak dalam menggunakan media pop up book. Tujuan dari media pop up book sendiri ialah meningkatkan pra iterasi dalam bentuk cerita rakyat Nusantara untuk anak usia 5-6 tahun di TKN Sutami dan Pengembangan media pop up book dalam bentuk cerita rakyat. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media pop-up book adalah sebagai berikut. 1) uji coba ahli media berada pada kategori “Sangat Valid” dengan presentase 88,57%, 2) uji coba ahli desain pembelajaran berada pada kategori “Valid” dengan presentase 83,33%, 3) uji coba ahli materi berada pada kategori “Sangat Valid” dengan presentase 92,5%, 4) uji coba ahli bahasa pada kategori ”sangat valid” dengan presentase 88,33% 5) uji coba pengguna produk (anak) perorangan berada pada kategori “Valid” dengan presentase 85,71% dan uji coba kelompok kecil berada pada kategori “Sangat Valid” dengan presentase 94,44%.Dengan demikian berdasarkan hasil uji coba media pop-up book oleh ahli dan anak sebagai pengguna produk dinyatakan layak untuk digunakan pada anak di TKN Sutami.
References
Afian, B. H. N. (2023). Penguasaan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Pasca Pembelajaran Daring. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 442-453.
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87-96.
Hamidah, N., Sulianto, J., & Sagala, A. C. (2021). Perkembangan bahasa pada anak usia 3 tahun. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 119-123.
Handayani, S., Mariana, M., & Juita, A. K. (2023). Implementasi Pembelajaran Pengembangan Kognitif AUD dengan Mengenal Angka 1-20 pada Anak Kelompok B. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 3(1), 43-52.
Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa anak melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-14.
Hidayati, I. M., Yasbiati, Y., & Nurzaman, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Kelompok A TK Sejahtera 4. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 152-163.
Ita, E., & Wewe, M. (2020). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 174-186.
Lestari, I. (2021). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 113-118.
Listyowati, A., Mumtazah, B. Z. A., Fadilla, D. Q., & Azizah, E. (2024). Pengembangan Buku Cerita Interaktif Berbasis Budaya Lokal. PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(01), 246-250.
Nasirun, M., Suprapti, A., Daryati, M. E., & Indrawati, I. (2021). Kesesuaian Alat Permainan Edukatif Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 200-206.
Owa, A., Meka, M., & Ngura, E. T. (2022). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TKKN Nasaret Were. Jurnal Citra Pendidikan, 2(1), 31-39.
Pratiwi, P., & Idrus, N. A. (2024). Using Pop Up Book Media to Increase Interest in Reading: Study of Class II Students in Elementary Schools. Pinisi Journal of Education, 4(5), 96-109.
Tegeh, I.M., Jampel, I.Y & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60.
Yuswati, H., & Setiawati, F. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5029-5040.





