PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK ASPEK BAHASA MENGUNGKAPKAN BAHASA PADA BAHASA IBU TEMA LINGKUNGAN UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKK OLAEWA
DOI:
https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i2.2597Keywords:
Pop-up Book, Child, Mother Tongue.Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendesain media pop-up book aspek bahasa mengungkapkan bahasa pada bahasa ibu di TKK Olaewa, 2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media pop-up book aspek bahasa mengungkapkan bahasa pada bahasa ibu di TKK Olaewa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : tahap analisis, tahap desain, tahap perencanaan, tahap implementasi dan tahap evalusai. Metode pengumpulan data yaitu metode wawancara, metode dokumentasi, metode angket. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa produk media pop-up book yang telah diuji kelayakan dan desain oleh ahli media, ahli desain, ahli materi, uji coba kelompok kecil, uji coba perorangan dan ahli bahasa daerah boawae. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pop-up book sangat valid dan layak digunakan dengan rincian: 1) Ahli materi 85% valid, 2) Ahli desain 85,3% valid, 3) Ahli media 86,7% valid, 4) Uji coba kelompok kecil 100% sangat valid, 5) Uji coba perorangan 100% sangat valid, 6) Ahli bahasa daerah boawae 98% sangat valid.
						
							




