PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SIKLUS AIR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yowanda Mawaddah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Triman Juniarso Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Imas Srinana Wardani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2355

Keywords:

model pembelajaran, problem based learning, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SD Negeri Wates 2 pada materi siklus air. Model pembelajaran problem based learning merupakan model pembelajaran yang dirancang agar siswa menemukan sendiri pemecahan masalah melalui tindakan nyata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan siswa pada dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Subjek  penelitian terdiri atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui instrument tes pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda dan instrument tes berbentuk esai. Analisis data yang digunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Mawaddah, Y., Juniarso, T., & Wardani, I. S. . (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SIKLUS AIR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1386–1390. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2355