PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBUATAN PITCH DECK UNTUK PRESENTASI PRODUK DI SMA NEGERI 1 PETANG
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i4.4211Keywords:
Bisnis, Kewirausahaan, Pitch Deck, PelatihanAbstract
SMA Negeri 1 Petang dengan dengan visi Spiritual, Kreatif, Berprestasi-Berbudaya menghadapi tantangan dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan siswa, khususnya dalam komunikasi bisnis dan presentasi produk. Untuk mendukung visi sekolah dalam mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja, program pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kewirausahaan siswa melalui pelatihan pembuatan pitch deck sebagai alat presentasi bisnis yang efektif. Fokus program ini adalah pelatihan pembuatan pitch deck untuk presentasi produk bisnis, keterampilan yang penting bagi siswa dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Pelatihan ini dirancang untuk mengisi kesenjangan dalam kurikulum formal yang seringkali kurang menyentuh aspek praktis komunikasi dan presentasi bisnis. Pelatihan ini melibatkan 37 siswa kelas 10 dan 11 yang merupakan anggota OSIS, dan diselenggarakan dalam empat sesi dengan fokus pada teori dan praktik pembuatan pitch deck, termasuk penggunaan perangkat lunak presentasi. Metode pelaksanaan mencakup perencanaan materi pelatihan, pembuatan materi, sosialisasi dan pendaftaran, pelaksanaan pelatihan, serta evaluasi dan umpan balik. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dalam membuat pitch deck yang menarik dan persuasif, serta keterampilan komunikasi dan presentasi yang lebih baik. Evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil memberikan keterampilan yang relevan dan bermanfaat bagi siswa dalam menghadapi tantangan dunia bisnis.
References
Afif, Z. N. M. (2024). Manajemen kurikulum program pembelajaran kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. At Tadbir: Islamic Education Management Journal, 2(1), 66-77. https://doi.org/10.54437/attadbir.v2i1.1624
Arief, F. (2020). Implementasi keterampilan kewirausahaan sebagai media character building pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.46838/jbic.v1i1.2
Arif, A., & Ilmi, D. (2023). Pengelolaan Pendidikan dan Kewirausahaan dalam Pendidikan Agama Islam. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 1(4), 331-345. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.828
Aryati, A. S. (2023). Peningkatan Jiwa Entrepreneur melalui Pelatihan Wirausaha pada Pelajar SMK/SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(5), 328-336.
Asbaruna, L. W. B. (2022). Pengembangan Jiwa Entrepreneurship bagi Generasi Muda melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 2(3), 104-107. https://doi.org/10.59818/jpm.v2i3.210
Asholikha, E. D. C., & Nugraha, J. (2021). Pandemi COVID-19 dan Transformasi Pendidikan Kewirausahaan: sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(3), 332-349. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.251-259
Cabras, I., & Mount, M. (2016). Economic Development, Entrepreneurial Embeddedness, and Resilience: The Case of Pubs in Rural Ireland. European Planning Studies, 24(2), 254-276. https://doi.org/10.1080/09654313.2015.1074163
Clark, C. (2008). The Impact of Entrepreneurs’ Oral “Pitch” Presentation Skills on Business Angels’ Initial Screening Investment Decisions. Venture Capital, 10(3), 257-279. https://doi.org/10.1080/13691060802151945
Dalimunthe, F. I. (2023). Implementation of Entrepreneurship as a Product-Based Learning Device in Vocational Education (Case Study in Hospitality Department of Medan Tourism Polytechnic). Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 11(1), 26-40. https://doi.org/10.36983/japm.v11i1.450
Darmawan, D., Fuady, A. H. R., Mardikaningsih, R., & Retnowati, E. (2022). Tiga Pilar Sukses: Perilaku Kewirausahaan, Etika Bisnis, dan Modal Sosial untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 3(5), 185-192. https://doi.org/10.47065/tin.v3i5.4112
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan: Peran Pendidikan Berkelanjutan dalam Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416-2422.
Narulita, S., & Iswahyudi, M. (2021). Apakah Pendidikan Kewirausahaan Dibutuhkan pada Era Revolusi Industri 4.0? Nusantara Hasana Journal, 1(5), 125-132.
Noviani, L., & Wahida, A. (2022). Pembelajaran Kewirausahaan di SMA selama Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 15-22. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p15-22
Putri, R. D., Megasari, R., & Rachmawati, D. (2021). Literasi Kewirausahaan dan Munculnya Wirausaha Mahasiswa: Apakah Ada Hubungan? Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 17(3), 251-259. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n3.p332-349
Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan sebagai Kunci Utama dalam Mempersiapkan Generasi Muda ke Dunia Kerja di Era Globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1-12.
Yanny, A., Sianturi, R. D., Panjaitan, M., Hutabarat, S. A., Hutagalung, S. N. H., & Sitohang, N. (2024). Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di Bidang Eneterpreneurship. ORAHUA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 01-09.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 A. A. Istri Ita Paramitha, A. A. Gede Adi Mega Putra, I Gst. Agung Pramesti Dwi Putri, I Nyoman Try Upayogi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




