PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP/MTs KOTA TANJUNGPINANG DALAM MENGEMBANGKAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.4126Keywords:
Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, PembelajaranAbstract
Perubahan kurikulum membawa efek yang signifikan bagi guru dalam merancang pembelajaran. Guru harus mampu merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lingkungan sekolah yang dituangkan dalam modul ajar. Namun, masih banyak guru yang belum mempunyai kompetensi dalam mengembangan modul ajar. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan dalam mengembangan modul ajar bagi guru matematika SMP/MTs Kota Tanjungpinang. Kegiatan PKM dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pendampingan. Instrumen evaluasi yang digunakan dalam bentuk angket, bertujuan untuk mengumpulkan data tingkat kepuasan peserta terhadap kegiatan pelatihan dan penguasaan peserta terhadap substansi pelatihan. Data responden diolah secara deskripstif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman guru terhadap konsep modul ajar, capaian pembelajaran, merancang model pembelajaran dan membuat asesmen pembelajaran.
References
Asriadi, Sukaria, M. I., Perdana, R., Jafar, I., & Nurdin, M. (2023). PKM Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka bagi Guru Sekolah Penggerak di Kabupaten Wajo. Vokatek?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.183
Azis, R. (2018). Implementasi Pengembangan Kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4932
Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97.
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Murni, A., Anggraini, R. D., Heleni, S., & Siregar, S. N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru-Guru SMP/MTs Matematika Bengkalis. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(12). http://bajangjournal.com/index.php/JPM
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ansiru PAI, 92–106.
Salsabilla, N. S., & Nurhalim, M. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPAS. Tarbawi?: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i1.497
Siregar, N. A. R., Susanti, S., Liana, M., & Elvi, M. (2023). Pelatihan E-LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheets untuk Guru SMP Negeri 14 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 5(1), 83–94. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.5659
Sthephani, A., Zetriuslita, Z., & Hadiyanti, P. O. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka di SMPN Sorek Dua. Community Education Engagement Journal, 5(1). https://doi.org/10.25299/ceej.v5i1.14569
Yahya, M., Sidin, U., & Wahyudi. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMK Produktif Kota Makassar. TEKNOVOKASI?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v1i3.964
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Mariyanti Elvi, Nur Izzati, Nur Asma Riani Siregar, Susanti, Metta Liana, Aang Yudho Prastowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




