PENGUATAN KOMPETENSI GURU SD UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI SISWA DI KKG KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Dwiani Kartika Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Indonesia
  • Afifah Hayati Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Indonesia
  • Noor Sofiyati Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i4.4125

Keywords:

Kemampuan Numerasi, Kompetensi Guru, Kurikulum Merdeka, Siswa

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dalam Kurikulum Merdeka merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa. Berdasarkan hasil AKM, rapor pendidikan siswa di lingkungan Kelompok Kerja Guru (KKG) Ki Hadjar Dewantara, Kecamatan Kembaran, Banyumas, menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan numerasi siswa belum mencapai target yang diinginkan. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi guru SD di KKG Ki Hadjar Dewantara dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pertemuan tatap muka yang diikuti dengan antusias oleh para peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terkait strategi pengajaran numerasi, yang dibuktikan dengan hasil evaluasi di mana 85% peserta mengalami peningkatan skor pada tes pemahaman setelah pelatihan. Selain itu, hasil kegiatan ini diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar numerasi siswa.

References

Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah Penggerak (Studi Kasus pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar). Jurnal Pahlawan, 18(2), 18–22. https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/

Gede, I. (2024). Penguatan Literasi Dasar dalam Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Lampuhyang, 15(2), 166-177.

Hidayah, R., Wangid, M. N., & Wuryandani, W. (2022). Elementary School Teacher Perception of Curriculum Changes in Indonesia. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(2), 77–88. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.07

Indahri, Y. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(2), 195–215. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2364

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 1–37.

Lestari, P. G. & Akbar, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Siswa Kelas IV SDN Kebon Bawang 03 Jakarta. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 375–385. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302

Marhamah. (2018). Belajar Matematika melalui Permainan Matematika. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRIi Palembang, 406–409.

Mulenga, I. M., & Kabombwe, Y. M. (2019). Understanding a Competency-Based Curriculum and Education: The Zambian Perspective. Journal of Lexicography and Terminology, 3(1), 33–54.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1568

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Prayitno. (2017). Permainan Matematika Suatu Daya Tarik. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(1), 111.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rahmawati, R., Hazirah, A., Rahmawati, D., Jatiningtyas, R., Larassati, E., Sukardi, R. R., & Yuniarti, Y. (2023). Persepsi Guru terkait Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar. Teaching, Learning and Development, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.62672/telad.v1i1.8

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 24–30. https://core.ac.uk/download/pdf/230386992.pdf

Setyawan, F., Fauzi, I., Fatwa, B., Zaini, H. A., & Jannah, N. M. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Full Day School di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 369. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1632

Sundari, S. A., Febriany, W. T., Darmawan, R., & Utami, W. T. P. (2023). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Jurang Jero. Jurnal Pendidikan UNIGA, 17(2), 874. https://doi.org/10.52434/jpu.v17i2.2663

Wardani, A. D., Fathani, A. H., & Alifiani. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. Jp3, 5(2), 67–74. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12486

Wilson, M. (2018). Making Measurement Important for Education: The Crucial Role of Classroom Assessment. Educational Measurement: Issues and Practice, 37(1), 5–20. https://doi.org/10.1111/emip.12188

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Winnuly, Hikmawati, L., & Sari, A. M. M. (2024). Pembelajaran Numerasi Berbasis Potensi Lokal pada Anak Usia Dini. ARSEN?: Jurnal Penelitian Pendididikan, 1(2), 80–92. https://doi.org/10.30822/arsen.v1i2.2971

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Kartika, D., Hayati, A., & Sofiyati, N. (2024). PENGUATAN KOMPETENSI GURU SD UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI SISWA DI KKG KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(4), 1007–1018. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i4.4125

Issue

Section

Articles

Citation Check