SOSIALISASI KESELAMATAN BERLALU LINTAS BAGI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 9 AMBON
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i4.4005Keywords:
Keselamatan Berlalu Lintas, Peraturan Lalu Lintas, Sekolah DasarAbstract
Sekolah Dasar Negeri 9 Ambon (SDN 9 Ambon) terletak di Jl. Dr. Siwabessy, kecamatan Nusaniwe, kota Ambon. Dalam keseharian bersekolah, siswa sering menggunakan berbagai moda transportasi seperti angkutan kota, sepeda motor (diantar oleh kerabat atau jasa ojek), dan berjalan kaki. Paparan siswa terhadap lalu lintas menimbulkan risiko kecelakaan karena minimnya pengalaman, sifat impulsif, dan kesalahan penilaian kondisi lalu lintas. Oleh karena itu, sosialisasi keselamatan berlalu lintas bagi siswa sekolah dasar bertujuan untuk memberikan edukasi terkait peraturan dan etika berlalu lintas yang aman. Kegiatan sosialisasi ini diadakan di SDN 9 Ambon dan melibatkan 27 siswa kelas 4 dan 5. Pelaksanaan sosialisasi dibagi dalam dua tahap. Pertama, pemaparan materi melalui ceramah dan diskusi, dan kedua, praktik simulasi menyeberang jalan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test adalah 71, sedangkan post-test meningkat menjadi 73. Meskipun terdapa peningkatan pemahaman, nilai perubahan tersebut tergolong kecil. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dalam metode penyampaian materi agar lebih efektif. Penggunaan metode pembelajaran berbasis permainan, aktif, dan berkelompok lebih sesuai dengan usia anak SD. Selain itu, media pembelajaran yang lebih menarik, seperti video, puzzle, ular tangga, dan simulasi, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang keselamatan berlalu lintas secara menyenangkan.
References
Chanpariyavatevong, K., et al. (2024). The Intervention Design to Promote Active Travel Mode Among Children and Adolescents: A Systematic Review. Heliyon, 10 (4), e26072. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e26072
Dragutinovic, N., & Twisk, D. (2006). The Effectiveness of Road Safety Education: A Literature Review. SWOV Institute for Road Safety Research.
Holm, A., Jaani, J., Ensoo, D., & Piksoot, J. (2018). Pedestrian Behavior of 6th Grade Estonian Students: Implications of Social Factors and Accident-Prevention Education At School. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 52, 112-119. https://doi.org/10.1016/j.trf.2017.10.003
Ismail, N. K., et al. (2023). A Safer Future for Children Through Road Safety Education in School: Lessons Learned from Malaysia. Journal of Road Safety Education, 15(3), 240-250.
Koekemoer, K., Gessellen, M. V., Niekerk, A. V., Govender, R., & As, A. B. V. (2017). Child Pedestrian Safety Knowledge, Behavior, and Road Injury in Cape Town, South Africa. Accident Analysis & Prevention, 99, 202-209. https://doi.org/10.1016/j.aap.2016.11.003
Mardikawati, B., Suartawan, P. E., & Mulyaningtyas, D. O. (2023). Pelatihan Keselamatan Berlalu Lintas sebagai Upaya Preventif Menurunkan Angka Kecelakaan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 169-180. https://doi.org/10.1007/jpm.v2i4.100
Meir, A., Oron-Gilad, T., & Parmet, Y. (2015). Are Child-Pedestrians Able to Identify Hazardous Traffic Situations? Measuring Their Abilities in a Virtual Reality Environment. Safety Science, 80, 33-40. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2015.06.004
Morrongiello, B. A., Corbett, M., Switzer, J., & Hall, T. (2015). Using a Virtual Environment to Study Pedestrian Behaviors: How Does Time Pressure Affect Children's and Adults' Street Crossing Behaviors? Journal of Pediatric Psychology, 40(7), 697-703. https://doi.org/10.1093/jpepsy/jsv018
O’Toole, S. E., & Christie, N. (2019). Educating Parents to Support Children’s Road Safety: A Review of the Literature. Journal of Safety Research, 70, 203-213. https://doi.org/10.1016/j.jsr.2019.07.002
Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Tahun 2021, Pasal 6, 7, dan 8.
Polantas dalam angka. (2023). Laporan Statistik Kecelakaan Lalu Lintas 2021. Polisi Lalu Lintas.
Raharjo, E. P., Mardikawati, B., Sukmayasa, I. M., Hidayat, D. W., Suartawan, P. E., & Asa, I. P. D. P. (2021). Tingkat Penguasaan Materi Aturan Berlalu-Lintas Siswa Sekolah Dasar setelah Sosialisasi Tertib Berlalu-Lintas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum), 1(2), 51-58. https://doi.org/10.1234/jkpm.v1i2.45
Raharjo, E. P., Mardikawati, B., Sukmayasa, I. M., Hidayat, D. W., Ryanto, S. S., Surya, A. B. O. K., & Rahayu, A. M. C. (2022). Media Pembelajaran “ULTA-TERMANVI” pada Sosialisasi Tertib Berlalu-Lintas Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum), 2(1), 1-8. https://doi.org/10.1234/jkpm.v2i1.123
Saputro, A. E., Priyanto, S., & Irawan, M. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Berlalu Lintas pada Siswa Sekolah Dasar dengan dan Tanpa Edukasi Di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 3(2), 209-215. https://doi.org/10.1007/jkc.v3i2.58
Sekolah.data.kemdikbud.go.id. (2024). SDN 9 Ambon. Diakses pada 29 April 2024, dari https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/40423bfb-30f5-e011-b736-8df015609106
Suhartati, D. P., Hidayati, T. S., Hadi, S., & Rosdiana, D. (2022). Penelitian Efektivitas Penggunaan Media Puzzle Penanda dalam Meningkatkan Pengetahuan Keselamatan Lalu Lintas pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Batang. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro dan Komputer, 2(3), 236-240. https://doi.org/10.1234/jitem.v2i3.156
Sutikno, S. (2019). Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Tomoda, M., Uno, H., Hashimoto, S., Yoshiki, S., & Ujihara, T. (2022). Analysis on the Impact of Traffic Safety Measures on Children’s Gaze Behavior and Their Safety Awareness at Residential Road Intersections in Japan. Safety Science, 150, 52-59. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2021.105537
World Health Organization (WHO). (2023). Global Status Report on Road Safety. Geneva: World Health Organization.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ardilson Pembuain, Vemara Marcha Mattitaputti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




