WEBSITE DESA WISATA SEBAGAI INOVASI MEDIA PROMOSI DESA WISATA LODTUNDUH
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3896Keywords:
Desa Wisata, Promosi Pariwisata, WebsiteAbstract
Desa Lodtunduh merupakan desa wisata yang memilihi potensi besar. Desa ini memiliki berbagai macam destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata edukasi, namun belum terekspos secara optimal. Hal ini dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana serta minimnya promosi yang efektif. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk membantu Desa Lodtunduh dalam mengembangkan potensi wisata melalui pembuatan website desa wisata. Website ini diharapkan dapat menjadi media promosi yang efektif untuk menarik wisatawan ke Desa Lodtunduh. Pada tahap awal, dilakukan pelatihan promosi desa wisata untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang strategi promosi wisata. Selanjutnya, dilakukan proses perancangan dan pembuatan website desa wisata dan dilakukan evaluasi pengelolaan website. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah website desa wisata yang dapat digunakan untuk mempromosikan potensi wisata Desa Lodtunduh. Pengelola website staf IT dapat mengelola dan memperbarui website dengan baik. Website ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan wisatawan untuk mendapatkan informasi dan melakukan pemesanan wisata. Website ini diharapkan dapat menjadi media promosi yang efektif untuk menarik wisatawan ke Desa Lodtunduh dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa.
References
Abas, A., & Ananda, M. (2023). Analisis Orientasi Dan Strategi Pemasaran Desa Wisata Menghadapi Tren Dan Perubahan Perilaku Wisatawan Pasca Covid-19. Journal Transformation of Mandalika, 4(8).
Andini, T., & Kurniawan, F. (2020). Analisis pembentukan ekspektasi wisata lewat fitur pendukung pencarian informasi di Instagram. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 4(2), 503. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i2.2339
Darma, I. N. A., Juliana Eka Putra, I. G., & Yudi Anggara Wijaya, I. N. (2023). Perancangan Sistem Informasi Potensi Desa (Sinpodes) Sebagai Solusi Peningkatan Ekonomi Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Keramas Menggunakan Metode Design Thinking.
Chrisyanti, I. (2022). Pengaruh Strategi Digital Marketing Desa Wisata (DESWITA) Di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(2).
Muftiadi, A. (2017). Developing Tourism Village and Its Potential In Pangandaran District. In Jurnal AdBispreneur, 2(2)
Setijawan, A. (2018). Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Dalam Perspektif Sosial Ekonomi. In Jurnal Planoearth PWK FT UMMat, 3(1)
Titi, T., Nugraheni, Y., Nugrahaeni Prananingrum, E., & Rahayunianto, A. (2020). Pengaruh Terpaan Media dan Daya Tarik Destinasi Wisata terhadap Minat Berwisata. Jurnal KOMUNIKATIF, 9(2).
Tyas, N. W., & Damayanti, M. (2018). Potensi Pengembangan Desa Kliwonan sebagai Desa Wisata Batik di Kabupaten Sragen. Journal of Regional and Rural Development Planning, 2(1), 74. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2018.2.1.74-89
Wahyu, B. P., Widya Utami, N., & Ita Paramitha, A. A. I. (2020). Digitalisasi Desa dan Potensi Wisata Di Desa Kerta, Kabupaten Gianyar Menuju Pariwisata 4.0.
Surentu, Y. Z., Warouw, D. M. D., & Rembang, M. (2020). Pentingnya Website Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa. Acta Diurna Komunikasi, 2(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 I Made Aldi Ariasa, A.A. Istri Ita Paramitha , I Nyoman Yudi Anggara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




