PENDAMPINGAN PENINGKATAN LITERASI SISWA DI SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU MELALUI REVITALISASI PERPUSTAKAAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i4.3806Keywords:
Kampus Mengajar, Literasi, Sekolah DasarAbstract
SD Negeri 32 Kota Bengkulu menghadapi tantangan dalam hal fasilitas literasi yang terbatas, seperti koleksi buku yang kurang, pengelolaan perpustakaan yang tidak optimal, dan kurangnya ruang baca yang nyaman untuk siswa. Untuk mengatasi masalah ini, kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa melalui pendekatan berbasis media literasi yang inovatif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan kolaboratif. Dalam tahapan perencanaan, dilakukan observasi terhadap kondisi fasilitas literasi di sekolah mitra, yang meliputi perpustakaan, pohon literasi, majalah dinding, dan pojok baca. Selanjutnya, kegiatan dilaksanakan melalui penataan ulang perpustakaan, pemasangan media pohon literasi, pembuatan dan pemasangan majalah dinding kreatif, serta pengaturan pojok baca di berbagai lokasi strategis di sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan literasi siswa, yang tercermin dari kenaikan rata-rata kemampuan literasi siswa dari 67,9% pada tes awal menjadi 82,3% pada tes akhir. Peningkatan ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian yang dilakukan berhasil meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa. Dengan demikian, program ini memberikan kontribusi yang positif terhadap pengembangan literasi di SD Negeri 32 Kota Bengkulu dan dapat dijadikan model untuk kegiatan pengabdian serupa di sekolah-sekolah lain.
References
Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771
Bhala, M. R., Dinatha, N. M., Pare, P. Y. D., & Kua, M. Y. (2024). Penerapan Media Pohon Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Sains Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 344–357.
Dhafia, K. F. (2023). Analisis Manfaat Implementasi Mading Kreasi Siswa sebagai Bentuk Inovasi Belajar Menyenangkan di SDN Mlajah 2. 1, 129–142.
Economic Co-operation and Development (OECD). (2024). PISA 2022 results: Factsheets. Retrieved May 27, 2024, from https://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/indonesia-c2e1ae0e/
Fahira, N. V., & Ritonga, F. U. (2023). Meningkatkan Minat Baca dan Kreativitas Siswa melalui Kegiatan Kampus Mengajar (Program Literasi dan Mading Karya Sekolah). Krepa: Kreativitas Pada Abdimas, 1(3), 35–45.
Hartatik, S. F. (2019). Pojok Baca Kelas dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa pada Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 3 Satu Atap Karangploso Malang. 2015, 21–25.
Imron, M. A., & Kuntarto, E. (2019). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Journal of Basic Education Research. https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.84
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2024). Buku panduan Kampus Mengajar Angkatan 7 tahun 2024. Retrieved May 25, 2024, from https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/article_attachments/31822698577049
Komara, D. A., & Hadiapurwa, A. (2023). Improving Literacy of Junior High School Students Through Revitalization of Library in Kampus Mengajar IV Activities. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.70502
Moi, F. Y., Dopo, F. B., Dopo, F., & Dhiu, K. D. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Pohon Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi di Sekolah melalui Program Kampus Mengajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4666–4669. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4415
Parli, M., Angraini, R., & Susyla, D. (2024). Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD dan English Song dalam Kolaborasi Pertukaran Mahasiswa Merdeka Bersama English Course. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bumi Raflesia, 7(1). https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i1.6342
Pratama, E. D., Mahardika, D. A., & Andreas, R. (2022). Peningkatan Literasi dan Kreativitas Siswa melalui Kegiatan Mading di SDN 2 Binade. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2, 93–102. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.43
Putro, A. H., & Sa’diyah, H. (2022). Peningkatan Literasi Siswa melalui Program Les Privat Calistung dan Pohon Literasi di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 72–79. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1396
Ramadhanty, T., & Agustiana, H. S. (2022). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Guna Meningkatkan Gerakan Literasi pada Siswa SD Islam Al Falih Kota Kediri. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4255–4262. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.2491
Rosmiati, R., Umar, U., & Fahlia, F. (2023). Analisis Efektivitas Gerakan Literasi Sekolah melalui Inovasi Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(3), 164–171. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i3.305
Umar, W. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa melalui Gerakan Majalah Dinding Kelas. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 206–215. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i3.394
Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284–292. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.725
Widiansyah, A., & Fitriansyah, F. (2022). Implementasi Kampus Mengajar melalui Program Literasi Numerasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/14798
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Parli, Ria Angraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




