PELATIHAN COMPUTATIONAL THINKING UNTUK GURU SDK 6 BPK PENABUR BANDUNG MELALUI BEBRAS TASK DAN AKTIVITAS UNPLUGGED
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3799Keywords:
Bebras Task, Computational Thinking, Kegiatan Unplugged, Pelatihan GuruAbstract
Konsep computational thinking (CT) diperlukan dalam dunia digital saat ini agar setiap orang dapat belajar dan bekerja secara cerdas. Untuk membangun kembali interaksi antar guru dan siswa yang terkendala pada saat pandemi Covid 19, maka interaksi yang efektif antar guru dan siswa dalam pembelajaran pasca pandemi dapat dilakukan dengan menerapkan CT dalam pembelajaran. Pelatihan CT untuk guru-guru SDK 6 BPK Penabur dilakukan dengan tujuan agar setiap guru dapat menerapkan konsep CT dan aktivitas unplugged dalam pembelajaran yang bersifat interaktif. Pelatihan guru yang dilaksanakan secara luring pada 15 Maret 2024 dan 22 Maret 2024, diikuti oleh 30 orang peserta. Setelah materi konsep CT, Bebras task, dan aktivitas unplugged disampaikan, guru diberi tugas kelompok untuk membuat rencana penerapan CT dalam mata pelajaran serta membuat rencana aktivitas unplugged untuk membantu siswa dalam menerapkan CT dalam persoalan sehari-hari. Hasil dari tugas kelompok yang dibuat peserta menunjukkan nilai rata-rata sangat baik dalam penerapan CT dan aktivitas unplugged. Sebagian besar peserta berpendapat penerapan CT sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam pembelajaran di tingkat sekolah dasar untuk melatih anak berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari.
References
Angeli, C., & Giannakos, M. (2020). Computational Thinking Education: Issues and Challenges. Computers in Human Behavior, 105 (1), p. 106185. Elsevier.
Ayub, M., Wijanto, M. C., Adelia, A., Panca, B. S., Edi, D., Kasih, J., … others. (2021). Service Learning in Teachers and Students Mentoring for 2020 Bebras Challenge in Pandemic Era at Maranatha Bebras Bureau Christian University. Journal of Innovation and Community Engagement, 2(2), 75–88.
Ayub, M., Wijanto, M. C., Senjaya, W. F., Karnalim, O., Kandaga, T., Witono, T., … others. (2017). Edukasi Berpikir Komputasional melalui Pelatihan Guru dan Tantangan Bebras untuk Siswa di Bandung pada Tahun 2016. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 2541–3805.
Ayub, M., Wijanto, M. C., Tan, R., Surjawan, D. J., Toba, H., Christianti, M., … Risal, R. (2023). Pembelajaran Computasional Thinking melalui Program Gerakan Pandai untuk Guru dan PKBM. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 300–309.
Ayub, M., Wijanto, M. C., Tan, R., Toba, H., Surjawan, D. J., Yulianti, D. T., … Natasya, R. A. (2022). Mengasah Kemampuan Computational Thinking Guru melalui Pengembangan Bebras Task. SENDIMAS 2022.
Brackmann, C. P., Román-González, M., Robles, G., Moreno-León, J., Casali, A., & Barone, D. (2017). Development of Computational Thinking Skills through Unplugged Activities in Primary School. Proceedings of the 12th Workshop on Primary and Secondary Computing Education, 65–72.
Cortina, T. J. (2015). Reaching a Broader Population of Students through “Unplugged” Activities. Communications of the ACM, 58(3), 25-27.
Dagien?, V., & Sentence, S. (2016). It’s Computational Thinking! Bebras Tasks in the Curriculum. International Conference on Informatics in Schools: Situation, Evolution, and Perspectives (ISSEP) (pp. 28-39). Munster: Springer.
Dagiene, V., & Stupuriene, G. (2016). Bebras – a Sustainable Community Building Model for the Concept Based Learning of Informatics and Computational Thinking. Informatics in Education, 15(1), 25–44.
Delal, H., & Oner, D. (2020). Developing Middle School Students’ Computational Thinking Skills Using Unplugged Computing Activities. Informatics in Education, 19(1), 1–13.
Juškevi?ien?, A., & Dagiene, V. (2018). Computational thinking relationship with digital competence. Informatics in Education, 17(2), 265–284.
Liem, I. (2022, June). Computational Thinking dalam kurikulum prototipe 2022-2024 bagian-2 (www.indonesiana.id, Ed.). Retrieved from https://www.indonesiana.id/read/152061/computational-thinking-dalam-kurikulum-prototipe-2022-2024-bagian-2
Sukoco, G. A., Arsendy, S., Purba, R. E., & Zulfa, A. H. (2023). Bangkit lebih kuat: Pemulihan pembelajaran pasca pandemi COVID-19: Studi kasus INOVASI. Jakarta: INOVASI.
Wijanto, M. C., Ayub, M., Senjaya, W. F., Toba, H., Santosa, S., & Karnalim, O. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Tantangan Bebras untuk Siswa di Biro Universitas Kristen Maranatha pada tahun 2017-2018 untuk Edukasi Computational Thinking. Sendimas. Semarang.
Wijanto, M. C., Wisnubhadra, I., Natali, V., Wahyono, Mulyati, S., Wardhani, A., . . . Sumiati. (2021). Buku Panduan Guru Informatika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wijanto, M. C., Wisnubhadra, I., Natali, V., Wahyono, Mulyati, S., Wardhani, A., . . . Sumiati. (2021). Informatika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Mewati Ayub, Hendra Bunyamin, Oscar Karnalim, Robby Tan, Maresha Caroline Wijanto, Doro Edi, Julianti Kasih, Andreas Widjaja, Adelia, Meliana Christianti, Wenny Franciska Senjaya, Swat Lie Liliawati, Rossevine Artha Nathasya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




