PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN HOSPITALITY MELALUI PELATIHAN DI UNIVERSITAS BUNDA MULIA UNTUK PT. MURNI SOLUSINDO NUSANTARA
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i4.3713Keywords:
Hospitality, Kepuasan Pelanggan, Komunikasi Efektif, Program PelatihanAbstract
PT Murni Solusindo Nusantara, melalui sub-unitnya Klinik Kecantikan dan Kesehatan Murni Care, menghadapi permasalahan dalam efektivitas komunikasi emosional, kerjasama sinergis, optimalisasi proses reservasi, dan penerapan etika berbicara yang mempengaruhi kualitas layanan hospitality secara keseluruhan. Untuk mengatasi masalah ini, Universitas Bunda Mulia menyelenggarakan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan karyawan dalam bidang komunikasi efektif, pelayanan pelanggan, dan penerapan standar operasional prosedur (SOP) yang tepat. Program ini bertujuan untuk menerapkan standar kualitas layanan yang tinggi, sehingga dapat memperbaiki aspek-aspek yang kurang optimal dalam layanan yang diberikan. Pelatihan ini melibatkan seluruh staf Klinik Murni Care sebagai sasaran utama, dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), yang memungkinkan partisipasi aktif antara peneliti dan karyawan dalam proses pelatihan dan perbaikan berkelanjutan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas komunikasi antar karyawan dan antara staf dengan pelanggan, efisiensi dalam proses reservasi, serta penerapan SOP yang lebih ketat, yang berdampak positif terhadap kepuasan pelanggan dan reputasi klinik. Dengan demikian, program pelatihan ini memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan kualitas layanan hospitality di Klinik Murni Care, berpotensi meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mendukung pertumbuhan bisnis klinik dalam menghadapi persaingan industri hospitality yang semakin ketat.
References
Apriliani, R. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Reta Beauty Clinic Kudus dalam Upaya Meningkatkan Volume Pelanggan. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Ardiansyah, I., Fitriyani, E., & Ahmad, F. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pramugraha di Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2453–2462.
Bradbury-Huang, H. (2015). The Sage Handbook of Action Research.
Carayannis, E. G., & Campbell, D. F. J. (2009). “Mode 3” and “Quadruple Helix”: Toward a 21st Century Fractal Innovation Ecosystem. International Journal of Technology Management, 46(3–4), 201–234. https://doi.org/10.1504/IJTM.2009.030064
Daulay, L. K. P., Boy, F., Nakaromi, N., Prakoso, P., & Ramadhanty, U. (2022). Transformasi Digital di Ekowisata Bukit Peramun. Jurnal Industri Pariwisata, 5(1), 99–110.
Djunaid, I. S., Ardiansyah, I., Sofiani, S., Fachrureza, D., Soeprapto, V., & Paulina, P. (2022). Sosialisasi Pembentukan Binaan Desa Cihideung Udik menjadi Desa Wisata. Jurnal Abdimas Terapan, 1(2).
Greenwood, D. J. (2007). Pragmatic Action Research. International Journal of Action Research, 3(1+ 2), 131–148.
Hilal, R. F. (2021). Analisis Peranan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas pada Bidang Penerbangan di Indonesia. Jurnal Manajemen Dirgantara, 14(1), 30–36.
Iskandar, H. (2019). The Relationship Between the Implementation of Service Quality and Guest Satisfaction at Hotel X Jakarta. Tourism Proceeding, 122–131.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing Management: An Asian Perspective. Pearson London.
Lianto, A. F. (2018). Pengaruh Trust, Perceived Value, Brand Image dan Satisfaction terhadap Repurchase Intention Batik Air di Jakarta dan Tangerang. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 2(4).
Ministry of Finance Republic of Indonesia. (2020). Innovate Indonesia Unlocking.
Nwokorie, E. C. (2021). Service Management and Guest Satisfaction for the Hotel Industry in Abeokuta, Nigeria. Zbornik Radova Departmana Za Geografiju, Turizam i Hotelijerstvo, 50(1), 52–69.
Rangkuti, F. (2013). Customer Service Satisfaction & Call Centre Berdasarkan ISO 9001. Gramedia Pustaka Utama.
Shani, A. B., & Coghlan, D. (2021). Action Research in Business and Management: A Reflective Review. Action Research, 19(3), 518–541. https://doi.org/10.1177/1476750321990644
Sofia, L., Indah, M. S., Sabila, A., & Mulyanto, S. A. D. (2020). Pelatihan Komunikasi Interpersonal untuk Komunikasi Efektif. Jurnal Plakat, 2(1), 72–80.
Sofiana, N. E., Sunni, M. I., & ... (2022). Nyinglar Sasalad Ceremony as a Local Wisdom of Cireundeu Indigenous Group in Dealing with COVID-19. Heritage of Nusantara. https://heritage.kemenag.go.id/index.php/heritage/article/view/640
Stringer, E. T., & Aragón, A. O. (2020). Action Research. Sage publications.
Tanzil, M. Y., Tjandrawibawa, P., Tahalele, Y. K. S., & Toreh, F. R. (2022). Studi Kolaborasi Fesyen Ready to Wear Akademik dan Industri Berbasis Metode Design Thinking.
Urbaniak, A., & W. A. (2023). Routledge International Handbook of Participatory Approaches in Ageing Research (pp. 1–456). Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9781003254829
Zamora, R. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Pembayaran Rekening Listrik B’right PT. PLN Batam pada Unit Pelayanan Batam Centre. BENING, 4(1).
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw-Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Yudhiet Fajar Dewantara, Dewanta Facrureza, Hari Iskandar, Stephanie Rosanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




