MENINGKATKAN DAYA SAING KUE PANCONG: INOVASI KEMASAN DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA MIZU PANCONG LUMER
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3652Keywords:
Sosial Media, Inovasi Kemasan, Daya saingAbstract
Mizu Pancong Lumer adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner kue pancong yang berada di Sidoarjo. Dalam kegiatan usahanya, Mizu Pancong Lumer mengalami hambatan pada daya saing akibat kemasan produk kue pancong yang kurang menarik serta pemasarannya yang belum maksimal. Berlandaskan hal tersebut kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk kue pancong Mizu Pancong Lumer dengan melakukan inovasi terhadap kemasan dan pemasaran melalui media sosial. Metode pelaksanaan kegiatan ialah dengan melakukan wawancara dan observasi pada Mizu Pancong Lumer bersama dengan pemilik usaha. Kemudian dilakukan pendampingan untuk merancang kemasan baru menggunakan box karton berdesain stiker serta membantu pengelolaan akun media sosial untuk kepentingan promosi produk. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah terlaksananya inovasi kemasan kue pancong menjadi menggunakan box karton berdesain stiker. Selain itu, promosi produk mitra juga telah dilakukan melalui akun Instagram milik Mizu Pancong Lumer. Dampak positif bagi mitra terlihat dari tanggapan yang menyatakan meningkatnya daya saing produk. Dengan demikian, tujuan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan daya saing produk mitra dapat tercapai melalui inovasi kemasan dan pemasaran digital yang dibantu selama proses pendampingan.
References
Augus, R. N., Maryetti, & Andryani, R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Kue Pancong di Jakarta (Analysis Marketing Strategy of Kue Pancong in Jakarta). Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(1), 69–87.
Badri, R. H., Pratisti, C., & Putri, A.S. (2022). Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe di Desa Sidodadi Asri. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 347–353. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1268
Chaffey, D. (2019). Digital Marketing (7th ed.). Inggris: Pearson Education
Girard, T., Meral Anitsal, M., & Anitsal, I. (2013). The role of Logos in Building Brand Awareness and Performance: Implications for Entrepreneurs. Entrepreneurial Executive, 18, 7–16.
Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan Daya Saing Produsen Minuman Herbal melalui Pembuatan Konten Kreatif Media Sosial Berbasis Pemasaran E-Marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2). https://doi.org/10.25139/jkp.v3i2.1982
Paramita, P. D., & Surur, A. M. (2022). Meningkatkan Kualitas Pemasaran UMKM melalui Inovasi Sosial Media Marketing. Al-Dzahab: Jurnal of Economic, Management, Business and Accounting, 3(1), 21–31.
Kotler, K & Keller, L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Inggris: Pearson Education.
Pudjoprastyono, H., Layli, R. M., Mohamad, T., Wicaksono, A., & Faajri4, M. S. (2023). Pemberdayaan UMKM Rolade Sawi Melalui Peningkatan Branding Digital dan Inovasi Kemasan. Media Pengabdian Kepada Masyarakat ( MPKM ), 2(01), 51–56. https://www.ejournal-rmg.org/index.php/AMPKM/article/view/132
Sholikhah, A., Kamila, E. R., & Muzani, A. (2024). Inovasi Pembuatan dan Pengemasan Telur Asin untuk Peningkatan Keterampilan sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual di Ponpes Nurul Ikhlas. Nusantara Community Empowerment Review, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1159
Sufaidah, S., Munawwarah, Aminah, N., Ayu Prasasti, M., & Oktavianti, D. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 152–156.
Syahputro, E. N. (2020). Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial (pertama). Yogyakarta: Caremedia Communication.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Istiqomah Maulida Multazam, Siti Fatimah, Fastabiqul Khoiroh, Riska Ainur Rosyida, Afifatus Sholikhah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




