MENINGKATKAN DAYA SAING KUE PANCONG: INOVASI KEMASAN DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA MIZU PANCONG LUMER

Authors

  • Istiqomah Maulida Multazam Universitas Nahdlatul Ulama' Sidoarjo, Indonesia
  • Siti Fatimah Universitas Nahdlatul Ulama' Sidoarjo, Indonesia
  • Fastabiqul Khoiroh Universitas Nahdlatul Ulama' Sidoarjo, Indonesia
  • Riska Ainur Rosyida Universitas Nahdlatul Ulama' Sidoarjo, Indonesia
  • Afifatus Sholikhah Universitas Nahdlatul Ulama' Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3652

Keywords:

Sosial Media, Inovasi Kemasan, Daya saing

Abstract

Mizu Pancong Lumer adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner kue pancong yang berada di Sidoarjo. Dalam kegiatan usahanya, Mizu Pancong Lumer mengalami hambatan pada daya saing akibat kemasan produk kue pancong yang kurang menarik serta pemasarannya yang belum maksimal. Berlandaskan hal tersebut kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk kue pancong Mizu Pancong Lumer dengan melakukan inovasi terhadap kemasan dan pemasaran melalui media sosial. Metode pelaksanaan kegiatan ialah dengan melakukan wawancara dan observasi pada Mizu Pancong Lumer bersama dengan pemilik usaha. Kemudian dilakukan pendampingan untuk merancang kemasan baru menggunakan box karton berdesain stiker serta membantu pengelolaan akun media sosial untuk kepentingan promosi produk. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah terlaksananya inovasi kemasan kue pancong menjadi menggunakan box karton berdesain stiker. Selain itu, promosi produk mitra juga telah dilakukan melalui akun Instagram milik Mizu Pancong Lumer. Dampak positif bagi mitra terlihat dari tanggapan yang menyatakan meningkatnya daya saing produk. Dengan demikian, tujuan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan daya saing produk mitra dapat tercapai melalui inovasi kemasan dan pemasaran digital yang dibantu selama proses pendampingan.

References

Augus, R. N., Maryetti, & Andryani, R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Kue Pancong di Jakarta (Analysis Marketing Strategy of Kue Pancong in Jakarta). Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(1), 69–87.

Badri, R. H., Pratisti, C., & Putri, A.S. (2022). Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe di Desa Sidodadi Asri. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 347–353. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1268

Chaffey, D. (2019). Digital Marketing (7th ed.). Inggris: Pearson Education

Girard, T., Meral Anitsal, M., & Anitsal, I. (2013). The role of Logos in Building Brand Awareness and Performance: Implications for Entrepreneurs. Entrepreneurial Executive, 18, 7–16.

Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan Daya Saing Produsen Minuman Herbal melalui Pembuatan Konten Kreatif Media Sosial Berbasis Pemasaran E-Marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2). https://doi.org/10.25139/jkp.v3i2.1982

Paramita, P. D., & Surur, A. M. (2022). Meningkatkan Kualitas Pemasaran UMKM melalui Inovasi Sosial Media Marketing. Al-Dzahab: Jurnal of Economic, Management, Business and Accounting, 3(1), 21–31.

Kotler, K & Keller, L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Inggris: Pearson Education.

Pudjoprastyono, H., Layli, R. M., Mohamad, T., Wicaksono, A., & Faajri4, M. S. (2023). Pemberdayaan UMKM Rolade Sawi Melalui Peningkatan Branding Digital dan Inovasi Kemasan. Media Pengabdian Kepada Masyarakat ( MPKM ), 2(01), 51–56. https://www.ejournal-rmg.org/index.php/AMPKM/article/view/132

Sholikhah, A., Kamila, E. R., & Muzani, A. (2024). Inovasi Pembuatan dan Pengemasan Telur Asin untuk Peningkatan Keterampilan sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual di Ponpes Nurul Ikhlas. Nusantara Community Empowerment Review, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1159

Sufaidah, S., Munawwarah, Aminah, N., Ayu Prasasti, M., & Oktavianti, D. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 152–156.

Syahputro, E. N. (2020). Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial (pertama). Yogyakarta: Caremedia Communication.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Multazam, I. M., Fatimah, S., Khoiroh, F., Rosyida, R. A., & Sholikhah, A. (2024). MENINGKATKAN DAYA SAING KUE PANCONG: INOVASI KEMASAN DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA MIZU PANCONG LUMER. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(3), 793–803. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3652

Issue

Section

Articles

Citation Check