PENDAMPINGAN PEMBUATAN MURAL BANDUNGKU ANU GENAH TUMANINAH DI SDN 077 SEJAHTERA BANDUNG DENGAN GAYA DEKORATIF

Authors

  • Ariesa Pandanwangi Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Belinda Sukapura Dewi Universitas Kristen Maranatha, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-9428-1672
  • Ismet Zainal Effendi Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Olga Pattipawaej Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Wawan Suryana Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Muhammad Ali Rahim Universitas Kristen Maranatha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3631

Keywords:

Metode ABCD, Mural, SDN Sejahtera, Visualisasi

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 077 Sejahtera yang terletak di jl Sejahtera 12 Bandung memiliki dinding sekolah sepanjang 30 m yang belum dimanfaatkan sebagai media edukasi bagi anak-anak sekolah. Permasalahannya pihak sekolah ingin memanfaatkan dinding kosong melalui mural dengan tema Bandungku Genah Tumaninah, Tujuannya untuk dapat menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif. Mitra dalam pengabdian ini adalah SDN 077, Ikatan Kekeluargaan Perempuan Maranatha (IKPM), dan Lions Club. Solusinya dibuat strategi dengan cara menggarap mural sepanjang 30 m. Tim abdimas menggunakan metoda Asset Based Communities Development (ABCD). Hasilnya objek yang divisualisasikan selesai dalam waktu 1 hari dengan mengusung wujud visual flora dengan warna-warni yang kontras, mendominasi bidang dengan komposisi center.

References

Adi, S. P., Sukerta, P. M., Marianto, M. D., Hadi, S., Sebelas, U., Surakarta, M., … Sarjana, P. (2022). Workshop Seni Kaligrafi Dengan Teknik Cetak Tinggi. Prosiding Seminar Nasional: Seni, Teknologi, Dan Masyarakat #7, 5, 72–77. Yogyakarta.

Alashari, D., & Bahru, J. (2021). The significance of Feldman method in art criticism and art education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 25(2), 877–884.

Alfrey, A., Field, V., Xenophontes, I., & Holttum, S. (2021). Identifying the mechanisms of poetry therapy and associated effects on participants: A synthesised review of empirical literature. Arts in Psychotherapy, 75(June), 101832. https://doi.org/10.1016/j.aip.2021.101832

Effendi, I. Z., Pandanwangi, A., & Dewi, B. S. (2023). Mural?: Gaya Kampung Anggur Melalui Lukisan Dinding Bergaya Dekoratif. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(May), 1205–1212. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1205-1212.2023

Fitrianto, A. R., Khoirunnisa, A. W. F., Amaliyah, L., Khotimah, H., & Qibtiyah, R. (2020). Membangun Kesadaran Masyarakat dalam Pemeliharaan Bendungan Gondrok (Sebuah Aksi Partisipatorif dalam Memelihata Irigasi Pertanian di Desa Bedohon, Jiwan, Madiun). ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2).

Hidayati, S., Noor, I. H. M., Sabon, S. S., Joko, B. S., & Wijayanti, K. (2020). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA (I. Kintamani Dewi Hermawan, J. Damanik, & I. Zamjani, eds.). Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/buku/detail/323830/peran-musyawarah-guru-mata-pelajaran-mgmp-dalam-meningkatkan-mutu-pembelajaran-di-sma

Irwandi, E., & Sabana, S. (2019). Proses Perwujudan Identitas Tempat Melalui Seni Mural. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 70–76. Retrieved from www.merriam-webster.com.

Malonza, J. M. (2020). Neighbourhood Streets as Public Space . COVID-19 Public Life in Kimisange , Rwanda. The Journal of Public Space, 5(3), 39–52. https://doi.org/10.32891/jps.v5i3.1367

Nurdin, S., Hatijah, S., Yani, M., Maulana, R., Attawab, H., & Yurdilawati, S. (2021). Mural sebagai Media Edukasi dan Perbaikan Visual Sekolah di SMA Negeri 4 Jeneponto. Jurnal Lepa-Lepa Open, 1(2), 263–272. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/18811/pdf

Pandanwangi, A., Dewi, B. S., & Angelica, C. (2024). Pendampingan Penciptaan Mural Melalui Metode Service Learning Di Sekolah Dasar Negeri 010 Cidadap Bandung. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 447–462. https://doi.org/10.46306/jabb.v5i1.940

Pandanwangi, A., Dewi, B. S., Effendi, I. Z., Suryana, W., Rahim, A., Ernawan, E., … Maranatha, U. K. (2024). Alih Edukasi Melalui Visualisasi Mural di TK Heman. Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 424–431. https://doi.org/10.46306/jabb.v5i1

Rachmat, G., Desain, J., & Pentas, T. (2019). Fenomena Mural Sebagai Pembentukan Suasana Interior Cafe Resto. Atrat. Retrieved from https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/1084/698

Salahudin, N., Safriani, A., Ansori, M., Eni, P., Hanafi, M., Naily, N., … Swasono, E. P. (2015). Panduan KKN ABCD (2 (rev)). Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya. Retrieved from https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/view/11/10/41-1

Samodoro. (2020). Landmark sebagai Penanda yang Memberi Makna Dalam Pencitraan Kota Kajian Tugu Bundaran Pamulang di Tangerang Selatan. Seni, Desain & Budaya Dewan Kesenian Tangerang Selatan, 2(No. 1), 1–9. Retrieved from http://jurnaladat.org/public/full_paper/01. Landmark sebagai Penanda yang Memberi Makna Dalam Pencitraan Kota Kajian Tugu Bundaran Pamulang di Tangerang Selatan-Samodro.pdf

Suhendri, S., Sabri, R., Arifin, Z., Rahman, M. A., Ainaya, T., & Fahmi, H. A. (2021). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) DOD Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 1–5. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/22128

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Pandanwangi, A., Dewi, B. S., Effendi, I. Z., Pattipawaej, O., Suryana, W., & Rahim, M. A. (2024). PENDAMPINGAN PEMBUATAN MURAL BANDUNGKU ANU GENAH TUMANINAH DI SDN 077 SEJAHTERA BANDUNG DENGAN GAYA DEKORATIF. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(3), 653–667. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3631

Issue

Section

Articles

Citation Check