PENDAMPINGAN PEMBUATAN MURAL BANDUNGKU ANU GENAH TUMANINAH DI SDN 077 SEJAHTERA BANDUNG DENGAN GAYA DEKORATIF
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3631Keywords:
Metode ABCD, Mural, SDN Sejahtera, VisualisasiAbstract
Sekolah Dasar Negeri 077 Sejahtera yang terletak di jl Sejahtera 12 Bandung memiliki dinding sekolah sepanjang 30 m yang belum dimanfaatkan sebagai media edukasi bagi anak-anak sekolah. Permasalahannya pihak sekolah ingin memanfaatkan dinding kosong melalui mural dengan tema Bandungku Genah Tumaninah, Tujuannya untuk dapat menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif. Mitra dalam pengabdian ini adalah SDN 077, Ikatan Kekeluargaan Perempuan Maranatha (IKPM), dan Lions Club. Solusinya dibuat strategi dengan cara menggarap mural sepanjang 30 m. Tim abdimas menggunakan metoda Asset Based Communities Development (ABCD). Hasilnya objek yang divisualisasikan selesai dalam waktu 1 hari dengan mengusung wujud visual flora dengan warna-warni yang kontras, mendominasi bidang dengan komposisi center.
References
Adi, S. P., Sukerta, P. M., Marianto, M. D., Hadi, S., Sebelas, U., Surakarta, M., … Sarjana, P. (2022). Workshop Seni Kaligrafi Dengan Teknik Cetak Tinggi. Prosiding Seminar Nasional: Seni, Teknologi, Dan Masyarakat #7, 5, 72–77. Yogyakarta.
Alashari, D., & Bahru, J. (2021). The significance of Feldman method in art criticism and art education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 25(2), 877–884.
Alfrey, A., Field, V., Xenophontes, I., & Holttum, S. (2021). Identifying the mechanisms of poetry therapy and associated effects on participants: A synthesised review of empirical literature. Arts in Psychotherapy, 75(June), 101832. https://doi.org/10.1016/j.aip.2021.101832
Effendi, I. Z., Pandanwangi, A., & Dewi, B. S. (2023). Mural?: Gaya Kampung Anggur Melalui Lukisan Dinding Bergaya Dekoratif. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(May), 1205–1212. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1205-1212.2023
Fitrianto, A. R., Khoirunnisa, A. W. F., Amaliyah, L., Khotimah, H., & Qibtiyah, R. (2020). Membangun Kesadaran Masyarakat dalam Pemeliharaan Bendungan Gondrok (Sebuah Aksi Partisipatorif dalam Memelihata Irigasi Pertanian di Desa Bedohon, Jiwan, Madiun). ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2).
Hidayati, S., Noor, I. H. M., Sabon, S. S., Joko, B. S., & Wijayanti, K. (2020). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA (I. Kintamani Dewi Hermawan, J. Damanik, & I. Zamjani, eds.). Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/buku/detail/323830/peran-musyawarah-guru-mata-pelajaran-mgmp-dalam-meningkatkan-mutu-pembelajaran-di-sma
Irwandi, E., & Sabana, S. (2019). Proses Perwujudan Identitas Tempat Melalui Seni Mural. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 70–76. Retrieved from www.merriam-webster.com.
Malonza, J. M. (2020). Neighbourhood Streets as Public Space . COVID-19 Public Life in Kimisange , Rwanda. The Journal of Public Space, 5(3), 39–52. https://doi.org/10.32891/jps.v5i3.1367
Nurdin, S., Hatijah, S., Yani, M., Maulana, R., Attawab, H., & Yurdilawati, S. (2021). Mural sebagai Media Edukasi dan Perbaikan Visual Sekolah di SMA Negeri 4 Jeneponto. Jurnal Lepa-Lepa Open, 1(2), 263–272. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/18811/pdf
Pandanwangi, A., Dewi, B. S., & Angelica, C. (2024). Pendampingan Penciptaan Mural Melalui Metode Service Learning Di Sekolah Dasar Negeri 010 Cidadap Bandung. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 447–462. https://doi.org/10.46306/jabb.v5i1.940
Pandanwangi, A., Dewi, B. S., Effendi, I. Z., Suryana, W., Rahim, A., Ernawan, E., … Maranatha, U. K. (2024). Alih Edukasi Melalui Visualisasi Mural di TK Heman. Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 424–431. https://doi.org/10.46306/jabb.v5i1
Rachmat, G., Desain, J., & Pentas, T. (2019). Fenomena Mural Sebagai Pembentukan Suasana Interior Cafe Resto. Atrat. Retrieved from https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/1084/698
Salahudin, N., Safriani, A., Ansori, M., Eni, P., Hanafi, M., Naily, N., … Swasono, E. P. (2015). Panduan KKN ABCD (2 (rev)). Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya. Retrieved from https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/view/11/10/41-1
Samodoro. (2020). Landmark sebagai Penanda yang Memberi Makna Dalam Pencitraan Kota Kajian Tugu Bundaran Pamulang di Tangerang Selatan. Seni, Desain & Budaya Dewan Kesenian Tangerang Selatan, 2(No. 1), 1–9. Retrieved from http://jurnaladat.org/public/full_paper/01. Landmark sebagai Penanda yang Memberi Makna Dalam Pencitraan Kota Kajian Tugu Bundaran Pamulang di Tangerang Selatan-Samodro.pdf
Suhendri, S., Sabri, R., Arifin, Z., Rahman, M. A., Ainaya, T., & Fahmi, H. A. (2021). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) DOD Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 1–5. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/22128
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ariesa Pandanwangi, Belinda Sukapura Dewi, Ismet Zainal Effendi, Olga Pattipawaej, Wawan Suryana, Muhammad Ali Rahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




