PSIKOEDUKASI KESEHATAN MENTAL “STOP BULLYING, START CARING”
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3629Keywords:
Bullying, Kesehatan Mental, PsikoedukasiAbstract
Bullying di sekolah yang melibatkan guru dan siswa dari pendidikan dasar hingga tinggi telah menjadi masalah yang semakin mengkhawatirkan. Korban sering mengalami masalah kesehatan mental yang berkepanjangan. SD Kristen 1 Makale, meskipun dikenal sebagai sekolah swasta unggul, masih menghadapi kasus bullying. Permasalahan yang dilaporkan termasuk insiden seperti memasukkan cicak ke baju teman, mengejek kekurangan fisik teman, dan mengganggu siswa berkebutuhan khusus. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang bullying di kalangan siswa dan guru serta mengembangkan lingkungan sekolah yang lebih aman dan suportif. Sasaran kegiatan ini adalah siswa dan guru di SD Kristen 1 Makale. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi psikoedukasi, diseminasi melalui pelatihan dan pendampingan. Pendekatan komunitas digunakan untuk menangani masalah pada level individu dan sebagai upaya preventif bagi seluruh siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman terkait bullying di kalangan siswa dan guru serta berkurangnya fenomena bullying di sekolah. Evaluasi dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan yang digunakan efektif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan suportif.
References
Al-Raqqad, Hana, K., Al-Bourini, E. S., Al Talahin, F. M., & Aranki, R. M. E. (2017). The Impact of School Bullying on Students’ Academic Achievement. International Education Studies, 10(6). https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p44
Amanda, V., Wulandari, S., Nabila Syah, S., Andi Restari, Y., Atikah, S., Arifin, Z. (2020). Bentuk dan Dampak Perilaku Bullying terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454
Anggraeni, D. T., & Kurniawan, I. N. (2012). Self Compassion and Satisfaction with Life: A Preliminary Study in Indonesian College Student. Conference: 3rd International Conference on Behavioral, Cognitive and Psychological Science, 53(23), 105-108.
Borgatti, S. P., Everett, M. G., & Johnson, J. C. (2013). Analyzing social networks. London, UK: SAGE Publications
Borualogo, I. S., & Gumilang, E. (2019). Kasus Perundungan Anak di Jawa Barat: Temuan Awal Children’s Worlds Survey di Indonesia. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 15–30. https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.4439
Copeland, W. E., Wolke, D., Angold, A., & Costello, E. J. (2013). Adult Psychiatric Outcomes of Bullying and Being Bullied by Peers in Childhood and Adolescence. JAMA Psychiatry, 70(4), 419–426. https://doi.org/10.1001/jamapsychiatry.2013.504
Fullchange, A., & Furlong, M. J. (2016). An Exploration of Effects of Bullying Victimization from a Complete Mental Health Perspective. Sage Open, 1-12. https://doi.org/10.1177/2158244015623593
Gaffney, H., David, P. Farrington, & Maria, M. T. (2019). Examining the Effectiveness of School-Bullying Intervention Programs Globally: a Meta-analysis. International Journal of Bullying Prevention, 1(1); 14–31. https://link.springer.com/article/10.1007/s42380-019-0007-4
Irwanti, R. U & Bil Haq, A. H. (2023). Efektivitas Psikoedukasi dalam Peningkatan Pengetahuan tentang Bullying pada Remaja. Journal of Islamic and Contemporary Psychology, 3 (15). https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12362
Jayadi, Y.I., dan Malappiang, F. (2022) Pencegahan Bullying pada Siswa SD Inpress Balang balang. Piramida: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 9-18,
Kallmen, H. & Hallgren, M. (2021). Bullying at School and Mental Health Problems among Adolescents: A Repeated Cross-Sectional Study. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 74(1).
Prihatin, L., Nooryanto, F. H., Suyani, Suryadi, A. Halim, & S. Kusumawati. (2023). Penyuluhan Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah pada Siswa. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6 (1), 36-41.
Suci, I. S., Ramdhanie, G. G., Mediani, H.S. (2021). Pencegahan Bullying pada Anak Berbasis Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2). https://doi.org/10.31539/jks.v4i2.1964
Susanto, H. (2020). Program Intervensi Berbasis Komunitas untuk Mengurangi Bullying di Sekolah. Jurnal Intervensi Sosial, 8(1), 35-49.
Wolke, D., & Lereya, S. T. (2015). Long-term effects of bullying. Archives of Disease in Childhood, Bullying and Social Support in Elementary School Students: A Qualitative Study 146. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 879–885. https://doi.org/10.1136/archdischild-2014-306667
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Iindarda S. Panggalo, Yohanis Padallingan, Gidion Aryo M.P

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




