PELATIHAN LITERASI DIGITAL DAN INTERPERSONAL SKILLS DALAM MARKETPLACE UNTUK STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH KULINER DI LUWU, SULAWESI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i1.2586Keywords:
marketplace, UMKM, Literasi Digital, Interpersonal Skills, LuwuAbstract
Pasca pandemi, marketplace menjadi strategi pemasaran termudah dan termurah bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) selain mendirikan toko secara fisik. Marketplace adalah platform online yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli. Untuk dapat bersaing di marketplace ini tentunya para pengusaha khususnya UMKM memerlukan pemahaman literasi digital. Tujuan utama pengabdian masyarakat ini ialah mampu mengedukasi para pengusaha UMKM khususnya yang bergerak di bidang kuliner di Kabupaten Luwu agar semakin paham tentang literasi digital dan mampu memiliki kemampuan interpersonal skills yang baik. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini ialah FGD, ceramah, dan diskusi dengan para pihak terkait dan peserta pelatihan. Data yang digunakan untuk pelatihan ini berupa pola-pola percakapan antara penjual dan pembeli yang umum ditemukan dalam marketplace Tokopedia. Hasil data dalam percakapan tersebut menunjukkan penjual dan pembeli saling bekerjasama ketika berkomunikasi jika prinsip kerjasamanya berjalan dengan lancar maka transaksi akan terlaksana namun jika tidak maka transaksi pada umumnya tidak berlanjut. Dengan menggunakan data ini mengajarkan bagaimana komunikasi yang seharusnya dilakukan ketika melakukan percakapan pada aplikasi Tokopedia untuk meningkatkan penjualan. Dampak signifikan setelah pelatihan ini ialah para pengusaha UMKM Kuliner ini mendapatkan pengetahuan baru untuk meningkatkan penjualan produknya dengan cara membuat toko online di Tokopedia dan diharapkan UMKM kuliner di Kabupaten Luwu akan semakin dikenal secara luas terkait keramahannya karena didukung oleh pemahaman literasi digital dan interpersonal skills yang baik.
References
Bintoro, M. R., Manugeren, M., & Pratiwy, D. (2022). Cooperative Principle in Parmoedya Ananta Toers’ Novel Bumi Manusia. Journal of Language (Vol. 4, Issue 2, pp. 244–250). https://doi.org/10.30743/jol.v4i2.5968
Cutting, J., & Fordyce, K. (2020). Pragmatics: A Resource Book for Students. United Kingdom: Routledge.
Derave, T., Prince Sales, T., Gailly, F., & Poels, G. (2021). Comparing digital platform types in the platform economy. Dalam M. La Rosa, S. Sadiq, & E. Teniente (Eds.), Advanced Information Systems Engineering (CAISE 2021) (Vol. 12751, pp. 417–431). https://doi.org/10.1007/978-3-030-79382-1_25
Dyningsih, R. R., & Sardjono. (2022). Implementation of Maximum of Quantity and Quality in Conversions of Seller and Buyer in Pon Market, Trenggalek Regency, 2020/2021. Wacana Jurnal Bahasa Seni dan Pengajaran, 5(2), 75–80. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i2.17558
Fatmawati, E., & Safitri, E. (2020). Kemampuan literasi informasi dan teknologi mahasiswa calon guru menghadapi pembelajaran di era revolusi industri 4.0 Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 214-224. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1863.
Hertini, E., Anggriani, N., Mianna, W., & Supriatna, A. K. (2018). Economic Order Quantity (EOQ) Optimal Control Considering Selling Price and Salesman Initiative Cost. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 332, p. 012013). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1757-899x/332/1/012013
Hunaifi, D. T. (2023). Analisis Tren Penggunaan Filter Digital pada Pengguna Media Sosial Instagram di Indonesia. Al Qalam, 17(6), 4541. https://doi.org/10.35931/aq.v17i6.2831
Kawa, A., Business, P., Wa??siak, M., & Polska, P. G. (2019). Marketplace as a key factor in e-commerce value networks. LogForum, 15(4), 521–529. https://doi.org/10.17270/j.log.2019.351
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kemendikbud.
Lani, O. P. (2021). The Role Of Communication In The Buying And Negotiation Process. Alfuad, 5(1), 30. https://doi.org/10.31958/jsk.v5i1.2012
Mazeed, S.A., Chandra, M., Mohan, G., & Babu, V.H. (2019). Role of social media in customer buying behavior. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 9(1), 2411–2413. https://doi.org/10.35940/ijeat.a1348.109119
Nurcahyo, M. A. (2020). Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(2), 132-138. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2077.
Saleh, F., Yulfiana, R., Unga Waru, D. S., Yusuf, R., Nasrullah, I., & Yusmah, Y. (2023). Principles Analysis of Grice’s Cooperation in Events Speech in Traditional Markets: A Pragmatic Study. in La Ogi. English Language Journal (Vol. 9, Issue 2, pp. 131–140). Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang. https://doi.org/10.55678/loj.v9i2.1029
Spires, H. A., Paul, C. M., & Kerkhoff, S. N. (2019). Digital literacy for the 21st century. Advances in library and information science (ALIS) book series (pp. 12–21). https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7659-4.ch002
Stephenie, Warsito, B., & Prahutama, A. (2020). Sentiment Analysis on Tokopedia Product Online Reviews Using Random Forest Method. Dalam B. Warsito, Sudarno, & T. Triadi Putranto (Eds.), E3S Web of Conferences (Vol. 202, p. 16006). EDP Sciences. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020216006
Tambunan, B., Sihombing, H., Doloksaribu, A., & Muda, I. (2018). The effect of security transactions, easy of use, and the risk perceeption of interest online buying on the e-commerce tokopedia site (Study on Tokopedia.id site users in Medan city). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 420, p. 012118). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1757-899x/420/1/012118
Xiao, C. (2020). An aspectual analysis of Grice’s maxim of relation: compared with the principle of relevance. Philosophy Study, 10(2). https://doi.org/10.17265/2159-5313/2020.02.007
Yusuf, R. M., & Hidayat, S.-. (2023). Cooperative Learning Model in Teaching Foreign Languages. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4150




