PENDAMPINGAN LAGU NASIONAL SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i1.2360Keywords:
Karakter Cinta Tanah Air, Lagu NasionalAbstract
Fenomena anak cenderung menyukai dan fasih bernyanyi lagu pop dan barat dibandingkan lagu nasional, menjadi kekhawatiran tersendiri akan menipisnya karakter cinta tanah air. Patutnya sedini mungkin, anak dipupuk melalui habituasi yang mampu menguatkan rasa cinta tanah air, salah satunya melalui habituasi menyanyikan lagu nasional. Tujuan pengabdian ini untuk menanamkan karakter cinta tanah air melalui lagu nasional, terfokus pada siswa sekolah dasar di kabupaten Ngada. Metode pendampingan dilaksanakan dua tahap yaitu tahap persiapan dengan melakukan observasi dan merancang jadwal kegiatan. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui teknik driil dengan melakukan percontohan, menyanyi bersama dan menyanyi secara mandiri. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi saat siswa bernyanyi lagu nasional secara mandiri. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk melihat persentase hasil pendampingan. Pendampingan menyanyikan lagu nasional yang dilakukan sebanyak sembilan kali dengan terjadwal satu jam sebelum proses pembelajaran dimulai, memperoleh hasil seluruh siswa mampu menyanyikan lagu nasional dengan baik. Hasil tersebut mampu memperkuat karakter cinta tanah air, secara langsung tercermin siswa memiliki rasa bangga sebagai anak bangsa, menunjukkan semangat saat pembelajaran, percaya diri dalam menyampaikan gagasan serta menunjukkan sikap saling menghargai.
References
Astelia, D., & Tarmizi P. (2022). Studi Kasus Pembiasaan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Pada Awal Pembelajaran Siswa Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 5(3), 267-274. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v5i3.24951
Astuti, S.R., Nurwanti, Y.H., Wahyono, T.T., & Suwarno. (2013). Apresiasi Generasi Muda Terhadap Lagu-Lagu Perjuangan. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNP)
Atika, N.T., Wakhuyudin, H., & Fajriah, H. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air, Jurnal Mimbar Imu, 24(1), 105-113. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467
Damei, T.S. (2023). Apresiasi Siswa SMPN 2 Sidoarjo Terhadap Lagu Wajib Nasional. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1). 196-208. https://doi.org/10.26740/jps.v12n1
Dedeh, E., & Mayasarokh, M. (2022). Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. Jurnal Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 207-212.
Della, K., & Najicha, F.U. (2022). Eksistensi Lagu Nasional Di Era Globalisasi Sebagai Pembentuk Nasionalisme Siswa Sdn 1 Kendal. Jurnal Studi Masyarakat dan Pendidikan, 5(2), 57-64. https://doi.org/10.29408/sosedu.v5i2.5507
Farida, N., Lumbantobing, P.A., & Panggabean, R.D.E. (2022). Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Mendongeng. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 267-273.
Fransyaigu, R., Reski, S., & Sahudra, T.M. (2022). Tantangan Penanaman Karakter Rasa Cinta Tanah Air di Sekolah Dasar. Journal of Civic Education, 5(4), 430-440. DOI:10.24036/jce.v5i4.781
Hadi, I.A. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Lembaga Formal. Jurnal Inspirasi, 3(1), 1-31.
Hanifa, U.T., Nugraha, D.M., & Suproyono. (2022) Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Situasi Pandemi Covid 19. Jurnal Pembelajaran IPS dan PKn, 7(2), 1-6. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.46542
Hartono, D. (2020). Fenomena Kesadaran Bela Negara di Era Digital Dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Lemhannas RI. 8(1), 14-33.
https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2193
Irvani. (2016). Nasionalisme Bangsa dan Melunturnya Semangat Bela negara. Jurnal Dakwah, 10(2), 135-145. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v10i2.613.g378
Iswanti, L.K.E. (2023). Pembiasaan Menyanyikan Lagu-Lagu Nasional Sebelum Pelajaran Untuk Meningkatkan Semangat Nasionalisme. Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan (Transformasi Pendidikan di Era Society 5.0), 1(2), 1-7.
Junaerah, J., & Cunandar, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Moody Terhadap Hasil Belajar Memahami Makna Lirik Lagu Wajib Nasional Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sindangbarang Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Jurnal Lensa Pendas, 5(1), 7-18. https://doi.org/10.33222/jlp.v5i1.1620
Kurniawaty, I., Purwati., & Aiman, F. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Education and Development, 10(3), 496-498. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3905
Lestari, A., Lubis, E., & Lisdayanti, S. (2023). Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Melalui Penghafalan Lagu Wajib Nasional Pada Siswa SDN 09 Bermani Ilir, Kepahiang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(10), 57-63.
Lestari, S. A. (2023). Peningkatan Karakter Nasionalisme Anak Bangsa Melalui Lagu Nasional di Sekolah Perbatasan . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(1), 24–29. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i1.489
Meli, R. U. (2022). Penanaman Karakter Cinta Tanah Air bagi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA . Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.56393/pijar.v1i1.96
Mintargo, W. (2021). Fungsi Lagu-Lagu Perjuangan Sebagai Upaya Penguatan Kepribadian Bangsa. Jurnal Pancasila. 2(1), 1-16. https://jurnal.ugm.ac.id/pancasila/article/view/45005/pdf
Musbikin, I. (2021). Penguatan Karakter kemandirin, Tanggung Jawab dan Cinta Tanah Air. Kupang: Nusa Cendana.
Mustari, M. (2017). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Nasti, B., Putri, A.R., Desyandari., & Mayar, F. (2022). Peran Guru Dalam Pembiasaan Menyanyikan Lagu Nasional Untuk Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Siswa SD. Jurnal Cerdas Proklamator. 10(2). 136-143. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i2.142
Nuryani, H., Hutagulung, B., Purwaningsih, W., & Mustadi, A. (2020). Implementasi Karakter Cinta Tanah Air Pada Kesenian Tradisional Jawa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 75–85. DOI: doi.org/10.21009/JPD.011.08
Paputungan, F.T., & Lapian, A. (2020). Penerapan Metode Imitasi dan Drill pada Paduan Suara Manado Independent School. Jurnal Musik dan Pendidikan Musik, 1(1), 11-21.
Printina, B. I. (2017). Strategi Pembelajaran Sejarah Berbasis Lagu-Lagu Perjuangan dalam Konteks Kesadaran Nasionalisme. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 7(1), 1-24. https://doi.org/10.25273/ajsp.v7i01.1073
Puspitasari, S. (2021). Pentingnya Realisasi Bela Negara Terhadap Generasi Muda Sebagai Bentuk Cinta Tanah Air. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(1), 72-79. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i1.43
Rahmani, R., Putri, S., Rani, M. I., & Hambali, H. (2021). Upaya Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Upacara Bendera Pada Siswa SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 8(1), 42-52. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i1.1350
Rahmawati, S., & Christiana, E. (2020). Studi Kasus Kesadaran Peserta Didik SD Negeri Pelang Lor 1 Tentang Adanya Tindak Perundungan Verbal. Jurnal BK UNESA, 11(3), 260-273.
Rapita, D.D., Ambarwati, M.T., & Yuniastuti, Y. (2022). Habituasi Menyanyikan Lagu Kebangsaan Pra Pembelajaran Sebagai Upaya Pembinaan Karakter Nasionalisme. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi, 3(1). 28-41. https://doi.org/10.33503/maharsi.v3i1.1323
Ratih,K., Srijono, D., Laksono, G.Y., Fitriyani, F., Hasanah, A.U., Farida, K., Pramesti, M.E., Styaningsih , N.P., Darojati, S.M., Mirwanti, W., Kartika, D., & Jusup, B. (2020). Penguatan Nilai dan Karakter Nasionalisme melalui Lagu Wajib Nasional di MI Muhammadiyah Tanjungsari, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 75-78. doi: 10.23917/bkkndik.v2i2.10793
Riansyah, Z., Lumbantoruan, J., & Hadi, H. (2018). Studi Deskriptif Kegiatan Pengembangan Diri Bernyanyi Pada Anak Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Wacana Asih Kota Padang. E-Jurnal Sendratasik. 7(1), 55-60. https://doi.org/10.24036/jsu.v7i1.100358
Riza, H., Antosa, Z.A., & Marhadi, H. (2015). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Daerahnusantarasiswa Kelas V SDN 119 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa. 2(2), 1-12.
Rozhana, KM., Irianti, N.P., Fidiasuti, H.R., Susanti, R.A.D., & Lestari, A.W. (2022). Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air Melalui Pelatihan Terbimbing Menggunakan Media Wayang Kertas. Journal Of Community Service In Public Education, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.31002/cspe.v2i1.101
Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27
Sandi, N. V. (2020). Analisis Lagu Nasional di Lingkungan Siswa Sekolah Dasar: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i1.551
Wandut, W.K., & Dihe, N.I. (2022). Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Melalui Metode Discovery Learning Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4221-4229. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2790
Widjanarko, P. (2019). Penanaman Karakter Melalui Lagu-Lagu Nasional di PAUD Pelita Harapan Bangsa Kota Tegal. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Anak usia Dini, 8(2), 95-101. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4873
Witantina, A., Budyartati, S., & Tryanasari, D. (2020). Implementasi Pembelajaran Lagu Nasional Pada Pembelajaran SBDP di Sekolah Dasar. Prosiding Konfrensi Ilmiah Dasar, 2, 117-121. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Woods, E. T., Schertzer, R., Greenfeld, L., Hughes, C., & Miller Idriss, C. (2020). COVID-19, Nationalism, and the Politics of Crisis: A Scholarly Exchange. Nations and Nationalism, 26 (4), 807–825. https://doi.org/10.1111/nana.12644
Yati, N., Sofyan, F. S., & Syalendra, N. P. (2021). Peran Guru Membiasakan Menyanyikan Lagu Nasional Sebagai Pembentukan Nasionalisme Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.56393/decive.v1i1.15
Yuningsih, Y., & Latipah, I. N. (2021). Peran Pemuda Dalam Pendampingan Kegiatan Belajar di Rumah Di Era Pandemi Covid-19. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(22), 106–114.




