WORKSHOP PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK MISKONSEPSI DAN MEDIA BERBASIS POWERPOINT UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA BAGI GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i1.2324Keywords:
Media PowerPoint, Miskonsepsi, Tes DiagnostikAbstract
Pengembangan kemampuan guru dalam mendeteksi dan mengatasi miskonsepsi siswa merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar. Workshop ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada guru sekolah dasar dalam pengembangan tes diagnostik untuk mendeteksi miskonsepsi siswa serta pengembangan media berbasis PowerPoint (PPT) untuk meremediasi miskonsepsi tersebut. Workshop ini membahas langkah-langkah praktis dalam merancang tes diagnostik yang sensitif terhadap miskonsepsi siswa. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru Sekolah Dasar. Metode pelaksanaan kegiatan adalah workshop dan pendampingan. Guru-guru diberikan wawasan tentang berbagai jenis miskonsepsi yang umumnya muncul dalam mata pelajaran tertentu dan bagaimana mengidentifikasinya melalui tes diagnostik. Selain itu, peserta workshop juga diberikan panduan tentang penggunaan data tes diagnostik ini untuk merencanakan pembelajaran yang lebih efektif. Selain aspek tes diagnostik, workshop ini juga membahas pengembangan media berbasis PPT sebagai alat untuk meremediasi miskonsepsi siswa. Guru-guru mempelajari cara merancang presentasi PPT yang interaktif dan informatif untuk membantu siswa memahami konsep yang salah kaprah. Workshop ini juga memberikan contoh-contoh praktis penggunaan media berbasis PPT dalam pembelajaran. Hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini, guru-guru sekolah dasar memiliki keterampilan dan pengetahuan yang lebih baik dalam mendeteksi, mengatasi, dan meremediasi miskonsepsi siswa, sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas.
References
Alwi, S. (2022). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167.
Ghufron, S., Hartatik, S., Mariati, P., & Ruliansyah, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Interaktif Berbasis Digital Aplikasi Scratch. November.
Herutomo, R. A, & Mulyono, T. E. (2014). Analisis Kesalahan Dan Miskonsepsi Siswa Kelas Viii Pada Materi Aljabar. Edusentris, 1(2), 134. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i2.140
Mariati, P. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penciptaan Lagu Anak Tematik Bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3(3), 1683–1688. https://doi.org/10.47679/ib.2022235
Mentari, L., Suardana, I. N., & Subagia, I. W. (2014). Analisis Miskonsepsi Siswa Sma Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga. E-Journal Kimia Visvitalis, 2(1), 76–87. https://doi.org/10.23887/jjpk.v1i1.3975
Pratiwi, Y., & Nugraheni, A. S. (2022). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1479–1490. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977
Ramadhina, D., & Rohman, I. (2022). Problematika Guru dalam Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 117–123. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45598
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103
Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Teori Kontruktivisme Pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185–200. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6773.185-200
Suryani, N., Musahrain, & Suharno. (2017). Pengaplikasian Mobile Learning Sebagai Media dalam Pembelajaran Prosiding Seminar Pendidikan Nasional. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 125–131. https://doi.org/10.1007/BF00350647
Syawaluddin, A., Makkasau, A., & Jamal, I. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 294–306. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i3.10236
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Wibawa, A. P. (2017). Paradigma Pendidikan Seni Di Era Globalisasi Berbasis Wacana. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 17(1), 48–56. https://doi.org/10.32795/ds.v16i01.73
Yuliati, Y, N. K. (2020). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA serta Remediasinya. Bio Educatio, 2 (2), 248–253.
Yunistita, T. J. (2023). Manfaat PowerPoint Interaktif pada Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah, 7(1).




