PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MEMBUAT KEMASAN PUPUK SERTA PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA DIGITAL MARKETING PADA KELOMPOK TANI DAN TERNAK SURUHEN SIMPOGOS
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i1.2277Keywords:
Organic Fertilizer, Packaging, Digital MarketingAbstract
Seiring dengan peningkatan produksi ternak, mulai muncul permasalahan baru yaitu banyaknya kotoran sapi. Sadar akan kondisi lingkungan, kelompok ini mengubah kotoran sapi menjadi pupuk organik. Namun industri pupuk ini masih mempunyai beberapa kendala yaitu pupuk tersebut kurang laku karena kemasan pupuk yang sangat sederhana dan mudah sobek, pemasaran pupuk yang terbatas, dan teknik pemasaran digital yang belum digunakan. Solusi dari permasalahan tersebut adalah memproduksi kemasan pupuk baru dan mengadakan pelatihan dan pendampingan pemasaran digital. Tujuan dari kegiatan pengabdian untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam menjalankan usahanya, yang pada akhirnya berujung pada peningkatan kapasitas usaha. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung bisnis produksi yang ramah lingkungan (Green Business). Penyelesaian masalah ini menjadi serius karena bisnis pupuk mempunyai potensi untuk berkembang di Pakpak Bharat, yang mayoritas penduduknya bekerja di bidang pertanian. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah Kelompok Tani dan Ternak Suruhen Simpogos di desa Siempat Rube II kecamatan Pakpak Bharat. Kelompok ini mencakup petani jagung dan peternak sapi dan saat ini sedang bertransisi ke bisnis pupuk. Metode pelaksanaan kegiatan adalah pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2023, dan seluruh tahapan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan berjalan dengan lancar. Melalui kegiatan ini diperoleh kemasan pupuk baru serta media sosial untuk keperluan usaha berupa Instagram, Facebook, Tiktok, dan Whatsapp. Mitra juga dilatih bagaimana menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya.
References
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20–27. http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223
Daulay, T. (2019). Analisis Kandungan Unsur Hara Pupuk Semi Organik Padat dari Kotoran Sapi. Universitas Labuhanbatu.
Emilda, E., Wulandari, T., & Lazuarni, S. (2022). Pendampingan UMKM Penjual Jamu Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Kemasan, Merek, dan Label. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i1.1249
Gaol, L., & Maduma, S. (2020). Pengaruh Inovasi Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Universitas Negeri Medan.
Herdiyani, S., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis [JAB], 18(2), 103–121.
Hutagalung, G. A., Devi, T. K., & Harianto, D. (2022). Tanggungjawab Produsen Terhadap Kerugian Atas Produk Yang Dijual Melalui Sistem Penjualan Langsung (Direct Selling) Secara Multi Level. Locus: Jurnal Konsep Ilmu Hukum, 2(1), 219–229.
Indah, N. H., Suharyono, S., & Sunarti, S. (2017). Pelaksanaan Diversifikasi Produk Dalam Rangka Meningkatkan Volume Ekspor (Studi Kasus Perusahaan Batik Ayu di Kota Pekalongan). Brawijaya University.
Mufreni, A. N. F. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. https://doi.org/10.37058/jem.v2i2.313
Muljani, N., Arini, A., Suhartatik, A., Lindawati, T., & Nagel, P. J. F. (2020). Pentingnya Merek dan Kemasan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk dari Usaha Mikro dan Kecil. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 53–64. https://doi.org/10.33508/peka.v3i2.2997
Purwidiantoro, M. H., SW, D. F. K., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Eka Cida, 1(1).
Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk UMKM Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119–123. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2658
Rahadian, A. S. (2017). Pertanian Terpadu dan Aspek Ketenagakerjaan Di Perdesaan. Jurnal Masyarakat Indonesia, 36(2), 267–285. https://doi.org/10.14203/jmi.v36i2.659
Rahim, A. R., & Basir, B. (2019). Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Bangsa. Jurnal Economic Resource, 2(1), 34–39.
Ratnia, D. (2018). Inventarisasi Emisi Gas Rumah Kaca (Ch4 Dan N2o) dari Sektor Peternakan Kabupaten Sleman Bagian Selatan DI Yogyakarta.
Siahaan, S. D. N., Ulgari, S., Pramana, D., & Boangmanalu, E. P. D. (2023.). Empowerment of Pinapple Chip Business for Maju Tani Group in Boangmanalu Village Salak Subdistrict Pakpak Bharat Regency. Journal of Community Research and Service, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.24114/jcrs.v7i1.38778
Situmorang, S. H., Mulyono, H., & Berampu, L. T. (2018). Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing Bagi Usaha Kecil. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 1(2), 77–84.
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Suripto, T. (2019). Kajian Literatur Efektifitas Pemasaran Produk Dengan Menggunakan Sistem Online Marketing di Era Disruption. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 8(2), 120–128. http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2018.8(2).120-128
Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105–118. https://doi.org/10.30599/utility.v1i2.71
Yani, D. N. L., & Purnomo, N. H. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Banjar Melati. Opinia de Journal, 1(2), 127–144. https://doi.org/10.35888/opinia.v1i2.13




