PENDAMPINGAN PENERAPAN ANALISIS SWOT DEMI TERCAPAINYA OPTIMALISASI MANAJERIAL PADA USAHA BUDIDAYA JAMUR NUTRISI MALANG
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i1.2272Keywords:
Analisis SWOT, Jamur Nutrisi Malang, Manajemen UsahaAbstract
Permasalahan yang dihadapi oleh Jamur Nutrisi Malang khususnya di pasca pandemic salah satunya adalah manajemen usaha yang kurang baik. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Jamur Nutrisi Malang yaitu dengan cara manajemen usaha melalui Analisis SWOT yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja manajemen dari UMKM Jamur Nutrisi terutama di masa pasca pandemi serta meningkatkan daya saing dari Jamur Nutrisi Malang. Cara meningkatkan efektifitas manajerial dari Jamur Nutrisi adalah melalui pendampingan Manajemen Usaha. Cara tersebut menghasilkan sebuah analisis SWOT yang menjadi acuan Jamur Nutrisi Malang dalam menentukan kebijakan manajerialnya.
References
Acmad, M., Tias, A., & Chotimatul, A. (2012). Panduan Lengkap jamur. Jakarta: Agromedia Pustaka.
Kusuma, M.R. (2006). Budi Daya Jamur Konsumsi. Jakarta: Agromedia Pustaka.
Anggraeni, P. & Sunarti, M. (2017). Analisis SWOT Pada UMKM Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43 (1).
Freddy, R. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Irham, F. (2014). Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Alfabeta.
Krisdayanti, L., Saragih, L., & Purba, F. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Jamur Tiram Melalui Analisis SWOT di Desa Dolok Kataran Kecamatan Dolok Batu Nanggar. Economic Education And Entrepreneurship Journal, 5 (2), 295-308.
Mahfudza, N. R. N. & Qomariyah, S. N. (2021). Kelayakan UMKM dengan Pendekatan Analisis SWOT (Studi Kasus di RUS Mekar Sari PKK Pulorejo, Ngoro, Jombang). Journal Trunojoyo, 1 (3).
Murdani. (2015). Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Padi (Oryza sativa) di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis (JIIA), 3 (2)
Mustikawati, D. (2010). Rebuild Contract Farming: Solusi Tepat Akses Petani Kecil ke Pasar Modern Bogor. repository.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/27724
Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Ekonomi Bisnis, 9(2), 468–476.
Philip, K. & Kevin, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Prastika, M. & Sadjiarto, A. (2018). Analisis SWOT Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Industri Kreatif Sarang Lebah Salatiga. JurnalEcodunamika, 1 (3)
Pratiwi, M. U., Wicaksono, I. A., & Hasanah, U. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Jamur Crispy di Industri Rumah Tangga Rita Jamur Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. Surya Agritama, 11 (2)
Putranto, M. A. & Yamin, M. (2012). Pengendalian Suhu Ruang pada Budidaya Jamur Tiram dengan Karung Goni Basah. JTEP, Jurnal Keteknikan Pertanian, 26 (2).
Retnaningsih, N. (2017). Strategi Pengembangan Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) di Kelompok Tani Aneka Jamur Desa Gondangmanis Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. SEPA, 14 (1), 61 – 68
Sianturi, R. D. (2020). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1)
Sopian, E. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kecil Jamur Tiram Putih. Desa Suka Mulya Kepala Sungai, Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Bisnis Corporate: 2 (2).
Sumarmi. (2006). Botani dan tinjauan gizi jamur tiram putih. Jurnal Inovasi Pertanian, 4(2): 124-130.
Yasa, G. A. & Suardika, I. K. (2023). Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil Melalui Analisis SWOT pada Usaha Dagang Di Desa Sari Mekar (Studi Kasus UD Toya Mertaada). Jurnal Publikasi Ilmu Ekonomi Dan Akuntanasi, 3 (1).




